Rancang Bangun Alat Pencuci Bambu Lemang Dengan Teknik PWM (Pulse Width Modulation) Berbasis Arduino Dengan Kendali Android

Authors

  • Edi R Tampubolon STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.2890

Abstract

Lemang merupakan beras ketan yang dimasak dengan santan dalam bambu muda yang terlebih dahulu dilapisi di dalamnya dengan daun pisang. Kemudian dibakar dengan bara api. Pembuatan lemang dengan cara mencuci bagian dalam bambu lemang guna untuk membersihkan debu kandungan setiap bambu. Pada proses ini akan memerlukan banyak waktu, karena bambu memiliki bagian dalam yang berbentuk seperti debu, dan akan berpengaruh ke hasil akhir lemang apabila itu tidak dibersihkan. Adapun teknologi pencuci bambu lemang pada masyarakat kini masih terbilang sederhana dan sangat tradisional. Selain itu jumlah air yang dibutuhkan untuk mencuci bambu lemang secara tradisional juga harus banyak dan pengerjaannya lumayan rumit.Dengan adanya permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah alternatif solusi untuk mempermudah proses pencucian bambu lemang. Salah satu alternatif yang dapat digunakan antara lain adalah rancang bangun pencuci bambu lemang dengan menggunakan andorid sebagai pengendali, yang mana alat ini akan bekerja dengan berbasis arduino sebagai proses pengndali utama sistem yang dirangkai dengan menggunakan teknik PWM (Pulse Width Modulation).Sehingga alat pencuci bambu lemang tidak membutuhkan jumlah air yang sangat banyak dan dapat menghemat waktu saat mencuci bambu lemang dan proses pencucian bambu lemang bisa dilakukan dari jarak tertentu.

Author Biographies

Edi R Tampubolon, STMIK Triguna Dharma

Sister Komputer

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sister Komputer

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Fatimah, Iskandarini, and L. Fauzia, “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Wanita Pada Usaha Lemang dan Kontribusinya Pada Pendapatan Keluarga di Kota Tebing Tinggi,†J. Soc. Econ. Agric. Agribus., vol. 4, no. 11, pp. 1–15, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/14434/6345.

L. B. Lemang and D. S. Barat, “Bambu lemang,†pp. 1–2.

A. Pranata, “Automatic Scroll Saw System Dengan Teknik Kendali Kecepatan Pulse Width Modulation ( PWM ) Berbasis Arduino UNO,†vol. 4, no. 1, pp. 69–77, 2021.

D. Setiawan, J. Yos Sudarso Km, K. Kunci, and A. Uno, “Sistem Kontrol Motor Dc Menggunakan Pwm Arduino Berbasis Android System,†J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 15, no. 1, pp. 7–14, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/4131.

Y. S. Handayani and Y. Mardiana, “Kendali Robot Bluetooth Dengan Smartphone Android Berbasis Arduino Uno,†Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 3, pp. 331–337, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i3.363.331-337.

Downloads

Published

2018-08-26

URN