Decision Support System (DSS) Untuk Menentukan Kualitas Ekspor Litopenaeus Vanamei (Udang Vaname) Dengan Menggunakan Metode Complex Proporsional Asassment (COPRAS)

Authors

  • Sheila Adellia STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triduna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i5.2883

Abstract

Dari berbagai sumber daya kelautan dan perikanan yang beraneka ragam, udang merupakan produk yang menjadi keunggulan dalam perikanan. Dengan kondisi geografis yang berbentuk kepulauan menjadikan Indonesia sebagai salah satu eksportir utama udang. Salah satu jenis udang yang menjadi unggulan ekspor Udang Vaname. Rata-rata jenis udang vanamei memiliki kontibusi ekspor mencapai 85%. Namun di era globalisasi ini kegiatan perdagangan internasional dihadapkan dengan adanya beberapa hambatan seperti penolakan produk ekspor Indonesia oleh negara pengimpor. Adanya perbedaan hasil pengujian di dalam negeri dan hasil pengujian yang dilakukan oleh negara pengimpor, menjadi salah satu penyebab terjad nya penolakan produk. Diperparah dengan lemahnya infrastruktur pengukuran nasional yang mengukur tentang metrologi, pengujian, dan pengontrolan kualitas produk sehingga pengujian di dalam negeri tidak begitu baik. Hal ini menjadi sasaran politik dagang negara tujuan ekspor untuk merendahkan nilai produk atau bahkan menolak produk ekspor Indonesia. Dalam hal ini penentukan kualitas eskpor udang vanemei sangat berperan penting untuk menunjang jumlah ekspor udang. Metode COPRAS  digunakan digunakan untuk memilih keputusan terbaik dalam hal tingkat kepentingan dan kegunaan nya. Metode ini mampu memperhitungkan kriteria benefit (menguntungkan) dan cost (Tidak menguntungkan), yang dapat dininilai terpisah saat proses evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara komputerisasi metode ini dapat digunakan dalam sistem pendukung keputusan dalam meningkatkan kualitas pengontrolan udang vaname.

Author Biographies

Sheila Adellia, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triduna Dharma

Managemen Informatika

References

Bappenas, “Kajian Strategi Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan,â€

Kementeri. PPN/Bapenas Direktorat Kelaut. dan Perikan., p. 120, 2014.

Ricky, “Strategi pengembangan usaha tambak udang ud. sumber hasil kalimantan,†vol. 8, no. 2, 2020.

K. Amri and S. Pi, Budi Daya Udang Vaname. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

S. Putro, “Peran Mutu Dalam Menunjang Ekspor Udang Nasional,†Squalen Bull. Mar. Fish. Postharvest Biotechnol., vol. 3, no. 1, p. 1, 2008, doi: 10.15578/squalen.v3i1.164.

F. Alwali Daini Udda Siregar, Nelly Astuti Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Marketing Terbaik di,†vol. 2, no. September, pp. 62–68, 2020, doi: 10.30865/json.v2i1.2455.

G. Ginting, S. Alvita, Mesran, A. Karim, M. Syahrizal, and N. K. Daulay, “Penerapan Complex Proportional Assessment ( COPRAS ) Dalam Penentuan Kepolisian Sektor Terbaik,†J. Sains Komput. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 616–631, 2020.

D. Nofriansyah, S. Kom, and M. Kom, Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish, 2015.

T. Limbong et al., Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

D. Saripurna, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kualitas Kopi Arabica Layak Ekspor Pada Pt. Indo Cafco Dengan Metode Multi Factor Evaluation Process,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 17, no. 2, pp. 234–238, 2018.

Kementrian Kelautan Dan Perikanan, “Pelepasan Varietas Udang Vaname Sebagai Varietas Unggul,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689– 1699, 2001.

S. Arsad, A. Afandy, A. P. Purwadhi, D. K. Saputra, and N. R. Buwono, “Studi Kegiatan Budidaya Pembesaran Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) dengan Penerapan Sistem Pemeliharaan Berbeda [Study of Vaname Shrimp Culture (Litopenaeus vannamei) in Different Rearing System],†J. Ilm. Perikan. dan Kelaut., vol. 9, no. 1, pp. 1–14, 2017.

W. Yuni, Budianto, and I. Riani, “Faktor yang Mempengaruhi Produksi Udang Vaname (Litopenaeus Vanamei) Di kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawa Selatan,†no. ISSN 2502-664X: 3(4), pp. 127–136, 2018.

J. Rumbaugh, I. Jacobson, and G. Booch, The Unified Modeling Lenguage. Addison Wesley Longman, Inc, 1999.

A. C. Prihantoro, S. Waluyo, Y. Trinoegraha, R. Diantari, and Wardiyanto, “Pengaruh Padat Tebar Terhadap Pertumbuhan Udang Windu,†pp. 253– 258, 2014.

Downloads

Published

2019-05-25

Issue

Section

Articles

URN