Sistem Pakar Mendiaknosa Hama Dan Penyakit Tanaman Amorphophallus Muelleri Di Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Sumatera Utara Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Sri Julita Br Sembiring STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.2879

Abstract

Porang juga merupakan tanaman anggota famili Araceae yang secara umum dikenal dengan nama bunga bangkai karena bau bunganya yang tidak sedap. Penelitian tentang aspek budidaya dan pengolahan porang telah banyak dilakukan sekitar tahun 2000an terutama di Perguruan Tinggi. Nilai ekonomi yang sangat tinggi dan peluang bisnis yang besar mendorong masyarakat dan beberapa pengusaha untuk mengusahakan tamanan porang yang layak jual. Sifat tanaman porang yang toleran naungan juga mendorong Perum Perhutani untuk mengusahakan tanaman porang di bawah tegakan hutan industri yang mereka kelola. Pada tahun 1980an Perum Perhutani KPH Saradan telah mulai mengembangkan tanaman porang di kawasan hutan. Mengingat banyaknya permintaan porang di kalangan pasar maupun dari luar negeri maka para petani di Indonesia mulai membudidyakan tanaman porang di lahan mereka. Oleh karna itu Potensi produksi tanaman Porang dapat ditingkatkan melalui evaluasi penyakit tanaman dan hama yang menyerang tanaman porang. Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem untuk dapat mendiagnosa penyakit pada porang (Amorphophallus muelleri) secara cepat dan tepat, sehingga petani tanaman porang (C) bisa lebih waspada dan mempersiapkan penangaan terhadap tanaman porang agar tidak mengalami kerugian. Sistem yang dapat memecahkan permasalahan tersebut adalah Sistem Pakar.

Author Biographies

Sri Julita Br Sembiring, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Saniman Saniman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Sari, R, dan Suhartati, “Tumbuhan Porang: Prospek Budidaya Sebagai Salah Satu Sistem Agroforestry,†Info Tek. EBONI, 2015.

I. M. J. M. Saleh, Nasir., St. A. Rahayuningsih., Budhi santoso Radjit., Erliana Ginting., didik Harnowo., Tanaman Porang. 2015.

A. Thontowi and M. G. Yudha, “Amorphophallus muelleri,†pp. 2–10, 2011.

“Pengantar,†in budidaya tanaman porang, 2020, no. mojokerto, pp. 1–28.

Sari, R, dan Suhartati, “Tumbuhan Porang: Prospek Budidaya Sebagai Salah Satu Sistem Agroforestry,†Info Tek. EBONI, 2015

W. D. W. I. LESTARI, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Anggora Menggunakan Metode Dempster Shafer,†Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf. ISSN 2540 – 7902 Vol., vol. 1, no. 1, pp. 113–119, 2016.

Downloads

Published

2020-01-27

URN