PERANCANGAN APLIKASI PADA PENINGKATAN KUALITAS HASIL REKAM VIDEO CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) MENGGUNAKAN METODE MEDIAN FILTER

Authors

  • Andika Mahendra STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.2870

Abstract

CCTV (Closed Circuit Television) merupakan alat pantau dari jauh suatu kawasan menggunakan kamera video yang dipasang ditempat tertentu. Tingkat kejahatan biasanya menurun di tempat-tempat yang dipasangi CCTV maka pemasangan CCTV di tempat-tempat umum yang biasa jarang keramaian atau relatif sepi sebaiknya dipertimbangkan.Dilihat dari banyaknya sisi baiknya untuk membantu lembaga - lembaga keamanan untuk mengungkap kasus - kasus pelik, peran CCTV juga patut diperhitungkan sebagai pembantu saksi mata sekaligus barang bukti nyata.Menggunakan Metode median filter dapat mengurangi nilai  noise yang sangat baik dengan memperhatikan bluring. Baik juga menghilangkan salt and papper dibagian tertentu. Untuk kerja median filter dapat melakukan perbaikan kualitas citra jauh lebih baik. Selisih perbaikan PNSR yang bernilai positif akan mengurangi error atau noise pada citra. Untuk meningkatkan kontras dari citra melalui tahap perataan histogram menggunakan histogram equalization dimana sebuah proses mengubah distribusi nilai derajat keabuan pada citra sehingga seragam.

Author Biographies

Andika Mahendra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Bestari, “Rancangan Aplikasi Monitoring Kamera Cctv Untuk Perang’ Kat Mobile Berbasis Android,†Teknol. Inform. dan Komput., vol. 3, p. 46, 2016.

E. Endang and C. Nurlela, “Peran Kamera CCTV Dalam Menunjang Fasilitas Keamanan,†no. June, 2019.

K. A. Yusro and R. D. Sianturi, “Penerapan Metode Median Filtering Dan Histogram Equalization Untuk Meningkatkan Kualitas Citra Radiografi,†vol. 5, no. 3, pp. 254–260, 2018.

Azanuddin and E. Buulolo, “Aplikasi View Remote Camera Cctv Dengan Android Untuk Monitoring Kegiatan Mahasiswa Dilaboratorium Komputer Pada Stmik Budidarma Medan,†Times, vol. VI, no. 1, pp. 1–4, 2017.

R. A. Sholihin and B. H. Purwoto, “Perbaikan Citra Dengan Menggunakan Median Filter Dan Metode Histogram Equalization,†J. Emit., vol. 14, no. 2, pp. 1411–8890, 2015.

A. Zulfi and A. Lubis, “Implementasi Metode Median Filtering Dan Midpoint Filtering Untuk Pengolahan Citra Digital,†J. Pelita Inform., vol. 18, no. 4, pp. 641–644, 2019.

S. P. Nita, “Indentifikasi Penyakit Fatty Liver Dengan Menggunakan Algoritma Median Filter Pada Citra CT-Scan,†vol. 7, no. 3, pp. 207–211, 2020.

Downloads

Published

2018-08-26

URN