Implementasi Data mining Dalam Analisis Penjualan Kosmetik Pada PT. Pasar Swalayan Maju Bersama Dengan Menggunakan Metode FP-Growth

Authors

  • Citrami Sryovani Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i5.2861

Abstract

        PT Pasar Swalayan Maju Bersama merupakan perusahaan penjualan barang-barang, makan-makanan dan kosmetik. Persaingan dunia bisnis pada saat ini sangatlah ketat, terutama di bidang bisnis retail kosmetik. Beberapa tahun belakangan ini di Indonesia sudah banyak perusahaan-perusahaan kosmetik bermunculan dengan berbagai jenis merk dan variasi produk yang ditawarkan. Setiap perusahaan akan berusaha untuk tidak saja menghasilkan produkproduk kosmetik yang berkualitas, namun juga berusaha untuk memberikan pelayanan pemasaran terbaik terhadap pasar atau pelanggan. Salah satu faktor penyebabnya adalah sulitnya menghasilkan analisa terkait dengan data penjualan pelanggan yang sudah ada. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan penggunaan data mining,        Impelementasi data mining adalah teknik yang menggabungkan teknik analisis data dan menemukan pola-pola yang penting pada data. Secara sederhana, data mining atau pengembangan data dapat didefinisikan sebagai proses seleksi, eksplorasi dan pemodelan dari sejumlah besar data untuk menemukan pola atau kecenderungan yang biasanya tidak disadari keberadaannya. Data mining maka masalah yang ada dapat terbantu dan teratasi sehingga memberikan kemudahan dalam menganalisa penjualan  yaitu Metode FP-Growth.        Metode FP-Growth merupakan pengembangan dari algoritma Apriori. Algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) adalah salah satu alternatif algoritma yang dapat digunakan untuk menentukan himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset) dalam sebuah kumpulan data. PT Pasar Swalayan Maju Bersama, sehingga untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran dan penjualan yang efektif.

Author Biographies

Citrami Sryovani Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

S. Kurniawan, W. Gata and H. Wiyana, "Analisis Algoritma Fp-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus : MT Shop Kelapa Gading)," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi , no. 2089-9815, pp. 23-24, 2018.

M. N. A. Hasibuan, N. Silalahi, S. D. Nasution, M. S. D. U. Sutiksno, H. Nurdiyanto, E. Buulolo and Y. , "Implementasi Data mining Untuk Pengaturan Layout Minimarket Dengan Menerapkan Association Rule," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. IV, no. 2407-389X, pp. 6-11, 2017.

G. Gunadi and D. I. Sensuse, "Penerapan Metode Data mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth (FP-Growth) : Studi Kasus Percetakan PT. Gramedia," Jurnal TELEMATIKA MKOM, vol. IV, no. 2085-725X, pp. 118-132, 2017.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN