IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENILAI TINGKAT KEPUASAN PESERTA LES PADA PELAYANAN BIMBINGAN BELAJAR ELTECH INDONESIA DENGAN METODE K-MEANS

Authors

  • Mida Puspita Sari STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.2830

Abstract

Tingkat kepuasan peserta les merupakan prioritas utama disetiap bimbingan belajar mana pun termasuk Eltech Indonesia. Kepuasan peserta les terhadap pelayanan yang diberikan oleh bimbingan belajar adalah satu sikap yang baik karena adanya kesesuaian antara apa yang diharapkan dan dibutuhkan dengan kenyataan yang diterimanya. Untuk mengetahui  bagaimana pelayanan di bimbingan belajar Eltech Indonesia ini maka diperlukanlah sebuah penilaian yang diambil dari angket dan diisi oleh  peserta les bimbingan belajar tersebut. Dalam proses penilaian ada beberapa kriteria yang harus peserta les isi yaitu berupa terdiri dari penilaian terhadap pelayanan bimbingan belajar itu sendiri, bagaimana trainer pengajar tersebut, bagaimana dengan penyampaian atau penjelasan dari materi tersebut, dan penilaian dengan materi yang dibawakan oleh trainer atau pengajar.                    Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan lah pengelompokkan data yaitu dengan ilmu data mining dan metode algoritma K-Means agar bimbingan belajar Eltech Indonesia dapat mengetahaui sebaik mana pelayanan yang mereka berikan.                    Hasil dari pengelompokkan data tersebut maka bimbingan belajar Eltech Indonesia dapat mengetahui jumlah peserta les yang puas dengan pelayananan bimbingan belajar Eltech Indonesia tersebut dan mengetahui berapa jumlah yang kurang puas dengan waktu yang cepat.Kata Kunci : K-Means ,Data Mining, Menilai Tingkat Kepuasan Bimbingan Belajar Eltech Indonesia.

Author Biographies

Mida Puspita Sari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Retno Tri Vulandari, No Title. Yogyakarta: GAVA MEDIA, 2017.

M. M. K-means and J. Halim, “Penerapan Data Mining Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pelayanan Di Bimbingan Belajar Al-Misbah Dengan,†vol. 16, no. 1, pp. 1–6, 1978.

Y. Syahra, “Penerapan Data Mining Dalam Pengelompokkan Data Nilai Siswa Untuk Penentuan Jurusan Siswa Pada SMA Tamora Menggunakan Algoritma K-Means Clustering,†vol. 17, no. 2, pp. 228–233, 2018.

Yudi Agusta, “K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait,†J. Sist. dan Inform., vol. 3, no. Februari, pp. 47–60, 2007.

A. Aditya, I. Jovian, and B. N. Sari, “Implementasi K-Means Clustering Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama di Indonesia Tahun 2018/2019,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 51, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1784.

P. Agama and M. Angkatan, “TINGKAT KEPUASAN PESERTA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN WIDYAISWARA PADA DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF PUBLIKASI ILMIAH BAGI GURU MATA PELAJARAN AGAMA MTs ANGKATAN III,†no. 1, pp. 168–186.

A. Noviyanti and R. Rizki, “Perbandingan Siswa Les Dan Tidak Les Terhadap Prestasi,†BIOnatural, vol. 6, no. 1, pp. 102–114, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/viewFile/335/288.

Published

2018-07-26

Issue

Section

Articles

URN