Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Lokasi Strategis Cabang Baru di UD. Ario Nias Selatan Menggunakan Metode WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assesment)

Authors

  • Lilin Meidarwati Laia STIMIK TRIGUNA DHARMA
  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STIMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.2828

Abstract

 UD. Ario Nias Selatan adalah usaha daganagan yang biasa disingkan menjadi UD yang bergerak di atas bahan bangunaan yang berjenis material. Usaha ini berletak di jalan simandraolo kecamatan O'O'U kabupaten nias selatan. Peningkatan pasar yang terus meningkat membuat UD Ario Nias Selatan berencana untuk mengembangkan usahanya untuk membuka cabang baru. Ingin meningkatkan sektor dari perlengkapan bahan bangunan atau meterial yang meluas dan mengikuti aktivitas pemerintah yang terus meningkatkan rumah subsidi dan tidak pula termasuk itu tetapi kebutuhan operasional dari masyarakat untuk keperluan bangunan rumah tinggal. Dengan bergitu dalam keinginan mengikuti target pasar yang meluas dan memperpresdiksi kebutuhan lokasi usaha baru sesuai dari target pasar yaitu masyarakat.Sistem pendukung keputusan sendiri diperuntukkan untuk membantu dalam pengelolaan masalah yang ada dalam menentukan kelayakan terhadap lokasi cabang baru agar sekiranya tidak terjadi kesalahan dan ketidaktepatannya untuk menentukan lokasi baru. Untuk dapat menyelesaikan masalah yang ada maka dibuatlah sistem pendukung keputusan yang untuk menentukan kelayakan dalam lokasi cabang baru bagi UD Ario Nias Selatan yang ingin memperluas usaha dagangannya dengan menyangkutin pada metode produk yang disetujui tertimbang atau WASPAS. Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu pihak UD Ario Nias Selatan dalam menentukan lokasi cabang baru yang lebih tepat, cepat, dan terciptanya sistem aplikasi yang bersifat transparansi, akurat, dan akurat.Untuk dapat menyelesaikan masalah yang ada maka dibuatlah sistem pendukung keputusan yang untuk menentukan kelayakan dalam lokasi cabang baru bagi UD Ario Nias Selatan yang ingin memperluas usaha dagangannya dengan menyangkutin pada metode penilaian produk agregat tertimbang atau WASPAS. Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu pihak UD Ario Nias Selatan dalam menentukan lokasi cabang baru yang lebih tepat, cepat, dan terciptanya sistem aplikasi yang bersifat transparansi, akurat, dan akurat. Untuk dapat menyelesaikan masalah yang ada maka dibuatlah sistem pendukung keputusan yang untuk menentukan kelayakan dalam lokasi cabang baru bagi UD Ario Nias Selatan yang ingin memperluas usaha dagangannya dengan menyangkutin pada metode penilaian produk agregat tertimbang atau WASPAS. Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu pihak UD Ario Nias Selatan dalam menentukan lokasi cabang baru yang lebih tepat, cepat, dan terciptanya sistem aplikasi yang bersifat transparansi, akurat, dan akurat. Kata kunci: UD, Bangunan, Lokasi Cabang Baru, Sistem Pendukung Keputusan, WASPAS . 

Author Biographies

Lilin Meidarwati Laia, STIMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem informasi

Beni Andika, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Samiati and S. Abidah, “Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Lokasi Cabang Pondok Cokelat Hatta Menggunakan Metode SAW Berbasis Webgis,†Progr. Stud. Sist. Informasi, Stmik Banjarbaru, vol. 13, no. 2, pp. 1717 – 1726, 2017.

H. Nurmi, “Membangun Website Sistem Informasi Dinas Pariwisata,†J. Edik Inform., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2016.

S. P. Sarjono, S. A. Wicaksono, and F. Pradana, “Pengembangan Sistem Informasi Toko Bangunan ( Studi Kasus : UD Darmo Jaya ),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 9, pp. 3445–3453, 2018.

M. Fikry and Nurmi, “Decision Support System (DSS) Determining Credit Customer Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,†J. Edik Inform., vol. 1, no. 2, pp. 44–51, 2017.

M. Ickhsan, D. Anggraini, R. Haryono, S. H. Sahir, and Rohminatin, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Bank Terbaik Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS),†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 9–10, 2018.

I. Chairani, D. Nofriansyah, A. H. Nasyuha, and I. Mariami, “Implementasi Metode Waspas Untuk Menentukan Ketua Kemuslimahan Pusat Komunikasi Daerah Lembaga Dakwah Kampus Sumut,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 3, n o. 2, pp. 25–33, 2020.

Downloads

Published

2021-12-29

URN