Sistem Pakar Mendeteksi Gangguan Jaringan Base Trans Ceiver Station (BTS) Dengan Metode Theorema Bayes

Authors

  • Arga Christian Situmorang STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.2823

Abstract

PT. Putra Mulia Telecommunication (PMT) Indonesia, didirikan kembali pada Tahun 2011, dan menjadi anak perusahaan OCK Group Bhd pada tahun 2014. Kami menyediakan layanan turnkey penuh kepada Operator dan Vendor Telekomunikasi.Kami merancang dan menyediakan layanan outsourcing pemeliharaan jaringan telekomunikasi (MS) secara keseluruhan untuk klien kami dengan mengadopsi metodologi industri terbaik dan praktik terbaik serta sumber daya terampil untuk memastikan jaringan mencapai kinerja yang unggul.Sistem pakar merupakan kecerdasan buatan suatu program computer berbasis pengetahuan yang berusaha mengadopsi pengetahuan seorang pakar ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh pakar. Pakar yang dimaksud disini adalah orang yang mempunyai keahlian khusus yang dapat menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan orang awam. Masalah ketidakpastian pengetahuan dalam sistem pakar ini diatasi dengan menggunakan metode probabilitas Bayesian. Proses penentuan diagnosa dalam sistem pakar ini diawali dengan keluhan jaringan, dimana sistem akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan kepada PiC sesuai gejala utama gangguan jaringan yang dialami PIC.

Author Biographies

Arga Christian Situmorang, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saniman Saniman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. K. Syah and A. Y. Ananta, “Pembuatan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Burung Puyuh Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining,†J. Inform. Polinema, vol. 2, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.33795/jip.v2i1.46.

E. T. Siregar, “Penerapan Teorema Bayes Pada Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Tumbuhan Padi,†Semin. Nas. Inform., pp. 23–26, 2015.

S. Murni and F. Riandari, “Penerapan Metode Teorema Bayes Pada Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lambung,†Jutikomp, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2018.

Y. Afero, “Computer Specifications Expert System Software As a Tool for Part Replacement Decision Makers,†J. sains dan Inform., vol. 2, pp. 11–22, 2016.

R. Andriani and B. D. Prakoso, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Hyperopia Dan Myopia Pada Manusia Berbasis Android Mengguanakan Teorema Bayes,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 13–18, 2016.

Downloads

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles

URN