Sistem Pendukung keputusan Menentukan Persediaan Obat Pada Rumah Sakit Mitra Sejati Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Authors

  • Ernita Sitorus Pane STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ishak Ishak STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.2815

Abstract

AbstractRumah Sakit Mitra Sejati sering mengalami peningkatkan dan lonjakan pasien, hal ini mengakibatkan  meningkatnya konsumsi obat-obat dari waktu ke waktu yang mengalami stok persedian obat habis. Melihat dari permasalahan yang ada pada Rumah Sakit tersebut maka dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode logika Fuzzy Tsukamoto yang dirasa cocok untuk membantu kerangka berfikir manusia dalam hal penentuan jumlah pemesanan obat Rumah Sakit Mitra Sejati.Sistem, Sistem tersebut adalah suatu sistem yang berbasis computer yang ditujukan untuk membantu mengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur. Cara kerja sistem ini mencakup seluruh tahap metode pengambilan masalah, maka sistem pendukung keputusan dapat diselesaikan dengan Fuzzy Tsukamoto.Hasil dalam penerapan metode fuzzy Tsukamoto dapat mengambil keputusan dalam menentukan persedian obat secara efektif dan efisien  dengan menggunakan program berbasis desktop. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusa, Fuzzy Tsukamoto, Persedian obat

Author Biographies

Ernita Sitorus Pane, STMIK TRIGUNA DHARMA

 Sistem Informasi

Ishak Ishak, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Komputer

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

References

REFERENSI

R. M. Simanjorang, H. D. Hutahaean and T. H. Sihotang, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode Ahp Pada Kantor Kelurahan Mangga," Journal Of Informatic Pelita Nusantara, vol. II No.1, no. 2541-3724, pp. 22-31, 2017.

H. H. and M. S. Abdillah, "Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani," Jurnal Informatika Mulawarman, vol. VI No.3, pp. 98-104, 2017.

N. Novita, "Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Beasiswa," Jurnal & Penelitian Teknik Informatika , vol. I No.1, no. 2541-2019, pp. 51-54, 2016.

A. I. Falatehan, N. Hidayat and K. C. Brata, "Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hati Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. II, no. 8, pp. 2373-2381 , 2018.

A. Andriani, Pemograman Sistem Pakar Konsep Dasar dan Aplikasinya Menggunakan Visual Basic 6, Jakarta: Mediakom, 2015.

Downloads

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles

URN