Sistem Pakar Mendeteksi Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan Jambu Jamaika Di Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Syahrul Abdul Luthfi STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Muhammad Syahril STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Fifin Sonata STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.2812

Abstract

Untuk meningkatkan hasil panen jambu jamaika, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendeteksi lebih awal hama dan penyakit yang menyerang tanaman jambu jamaika. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem pakar guna mengetahui hama dan penyakit yang menyerang tanaman jambu jamaika. Sistem pakar merupakan salah satu ilmu kecerdasan buatan (Artifical Intillegence), yang digunakan agar menyelesaikan masalah dengan apa yang dipikirkan seorang pakar. Didalam sistem pakar ini terdapat beberapa jenis metode diantaranya adalah metode Dempster Shafer.Untuk mempermudah mendeteksi hama dan penyakit maka dirancang dan dibangun sebuah aplikasi sistem pakar untuk mendeteksi hama dan penyakit pada jambu jamaika. Dengan dibangun sebuah aplikasi diharapkan dapat mempermudah para petani jambu jamaika dalam mendeteksi hama dan penyakit jambu jamaika.Hasil yang diharapkan adalah memudahkan para petani jambu jamaika dalam mendeteksi hama dan penyakit yang menyerang tanaman jambu jamaika. Adapun aplikasi yang dibangun berbasiskan web programming yang menerapkan metode dempster shafer.

Author Biographies

Syahrul Abdul Luthfi, STMIK TRIGUNA DHARMA

SISTEM INFORMASI

Muhammad Syahril, STMIK TRIGUNA DHARMA

SISTEM INFORMASI

Fifin Sonata, STMIK TRIGUNA DHARMA

MANAJEMEN INFORMATIKA

References

R. N. S. S. Sari, “V Pemberian IBA , NAA dan Kombinasinya Terhadap Pengakaran Setek Jambu Jamaika ( Syzygium malaccense ) Application of IBA , NAA and Its Combination on Rooting of Malay Apple ( Syzygium malaccense ) Cutting,†no. September, pp. 73–78, 2017.

P. S. Informatika, F. Teknik, and U. Mulawarman, “Sistem Pakar Identifikasi Hama Tanaman Buah Naga,†vol. 4, no. 1, pp. 11–18, 2020.

B. H. Hayadi, “Visualisasi Konsep Umum Sistem Pakar Berbasis Multimedia,†Riau J. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 17–22, 2017.

Yusniar, Nurhayati, and I. Gultom, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Mata Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web,†J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 2, no. 2, pp. 39–47, 2018.

M. D. Sinaga and N. S. B. Sembiring, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella,†CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, p. 94, 2016, doi: 10.31154/cogito.v2i2.18.94-107.

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles

URN