Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Operator Alat Berat Excavator Menggunakan Metode Moora

Authors

  • Muhammad Syahrani Stmik Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra Stmik Triguna Dharma
  • Ita Mariami Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.2805

Abstract

PT Hexindo Adi Perkasa yang berdiri sejak tahun 1988, merupakan sebuah perusahaan jasa yang fokus pada perdagangan dan penyewaan alat berat serta penyediaan layanan purna jual dengan memegang merek resmi atas alat-alat berat dan suku cadang produk Hitachi di Indonesia. Dalam proses penerimaan karyawan baru khususnya pada operator alat berat di PT. Hexindo Adi Perkasa Tbk tanjung morawa, saat ini masih menggunakan penilaiaan secara subjectif yaitu dengan memandang kerabat dekat.Untuk menghindari itu, maka penyeleksiaanya karyawan dibutuhkan suatu sistem yang dapat menjadi acuan atau masukan dalam penyeleksi karyawan baru, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu dalam mengambil keputusan, yaitu sistem pendukung keputusan. Sistem Pendukung Keputusan bagian sistem interaktif yang dapat membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan yang berfungsi dalam memecahkan masalah-masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun tidak terstruktur seperti dalam penerimaan operator alat berat excavator. Maka metode sistem pendukung keputusan yang dapat proses mengoptimalkan secara bersamaan dua atau lebih atribut (sasaran) yang saling bertentangan, dimana atribut tersebut memiliki batasannya tertentu dan dapat digunakan dalam penerimaan operator alat berat excavator yaitu metode MOORA. Dengan menggunakan metode MOORA dapat menentukan operator alat berat excavator. Untuk membantu penerimaan operator alat berat excavator, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mempermudah pengambil keputusan secara akurat dan akuntabel.Kata Kunci: Karyawan, Sistem Pendukung Keputusan, MOORA

Author Biographies

Muhammad Syahrani, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ita Mariami, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. W. Al-Hafiz, M. and S. , "Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. I No 1, no. 2597-4645, pp. 306-309, 2017.

A. Syahputra, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pre-Wedding di Kota Medan dengan Menggunakan Metode VIKOR dan BORDA," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. I No 3, no. 2548-8368, pp. 207-214, 2020.

C. Lukita, C. Nas and W. Ilham, "Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Menggunakan Metode Perbandingan WASPAS dan," Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. V No 3, no. 2460-3465, pp. 130-137 , 2019.

E. Handayani, "Efisiensi Penggunaan Alat Berat Pada Pekerjaan Pembangunan Tpa (Tempat Pemprosesan Akhir) Desa Amd Kec. Muara Bulian Kab. Batanghari," Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 2015.

A. Octavia, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mutasi Karyawan Dengan Menggunakan Metode ORESTE (Studi Kasus: Pdam Tirta Deli Kab. Deli Serdang)," Jurnal Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), vol. Volume 7, pp. 93-95, 2020

Downloads

Published

2020-01-27

URN