Mendiagnosa Penyakit Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) Pada Kucing Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Agus Parluhutan Siregar STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.2800

Abstract

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Sebagai pemelihara kucing diharapkan dapat mengetahui pencegahan maupun perawatan berbagai macam penyakit pada kucing agar tidak mengganggu kesehatan lingkungan. Salah satu penyakit yang kerap muncul adalah Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD).Berdasarkan permasalahan, maka akan dibangun sebuah sistem yang dapat mempermudah pemberian solusi masalah penyakit Flutd tanpa harus konsultasi secara langsung ke pakar. Dikarenakan pada saat ini masih banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dan biaya. Dimana penelitian ini akan menerapkan sebuah kecerdasan buatan yaitu Sistem Pakar (Expert System) agar dapat membantu masyarakat untuk melakukan konsultasi penyakit Flutd dan menerapkan metode Certainty Factor.Hasil dari penelitian ini dengan sistem pakar yang diterapkan dalam mendiagnosa penyakit berdasarkan analisa dari seorang pakar dalam penyakit Flutd diharapkan dapat membantu masyarakat dalam proses penanganan untuk pencegahan terjadinya penyakit Flutd..

Author Biographies

Agus Parluhutan Siregar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Nurajizah, M. Saputra, M. Informatika, and S. Informasi, “SISTEM PAKAR BERBASIS ANDROID UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT,†vol. 14, no. 1, pp. 7–14, 2018.

R. D. Indahsari dan I. Zuhdi, “SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT PADA,†Jurnal SPIRIT Vol. 9 No. 2 , pp. hal 40-47, Nopember 2017.

H. Listiyono, “Merancang dan Membuat Sistem Pakar,†J. Teknol. Inf. Din., vol. XIII, no. 2, pp. 115–124, 2008.

J. Hutagalung, M. Ramadhan and H. Winata, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Paru-Paru,†SNASTIKOM 2019, no. ISBN : 978-623-91911-0-8, pp. 150–154, 2020.

D. Heckerman, “The Certainty-Factor Model ∗,†no. 1, pp. 1–21, 1975.

S. Nurajizah dan M. Saputra, “SISTEM PAKAR BERBASIS ANDROID UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT,†Jurnal PILAR Nusa Mandiri Vol. 14, p. 8, 1 Maret 2018.

Downloads

Published

2020-02-28

URN