Kombinasi Kriptografi Affine Cipher dengan Algoritma AES (Advanced Encryption Standart) Untuk Pengamanan Data Gaji Karyawan Pada CV. Interyasa Lubuk Pakam

Authors

  • M. Idris Affandy STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.280

Abstract

Gaji merupakan suatu hal yang sudah sangat pokok pada kegiatan finansial pada sebuah instansi perusahaan karena hal tersebut berpengaruh terhadap kinerja para karyawan. Data gaji merupakan salah satu data yang bersifat rahasia yang hanya dapat dilihat oleh pihak-pihak tertentu, seperti bendahara dan kepala kantor. CV. Interyasa Lubuk Pakan adalah salah satu perusahaan yang harus menjaga data gaji karyawannya agar tidak disalahgunakan atau dimanipulasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan tentu akan menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan.Dalam hal ini diperlukan sebuah sistem dalam pengamanan data yang dapat melakukan penyandian dan pengacakan sebuah Informasi yang berbasis komputer. Pengamanan ini dilakukan dengan menerapkan sebuah algoritma kriptografi yang bertujuan untuk mengenkripsi dan dekripsi sebuah pesan text. Algoritma kriptografi yang digunakan adalah kombinasi antara kriptografi Affine Cipher dengan algoritma AES (Advanced Encryption Standard). Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem keamanan data gaji karyawan dapat mengamankan data gaji dengan sangat baik dan menghindari terjadinya penyalahgunaan atau manipulasi data oleh orang-orang yang tidak memiliki wewenang atas data tersebut.

References

F. N. Pabokory, I. F. Astuti, and A. H. Kridalaksana, “Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard,†InForm. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, p. 20, 2016.

E. R. Agustina and A. Kurniati, “Pemanfaatan Kriptografi dalam Mewujudkan Keamanan Informasi pada e-Voting di Indonesia,†Agustina, Esti Rahmawati Kurniati, Agus, vol. 2009, no. semnasIF, pp. 22–28, 2009.

J. Prayudha, Saniman, and Ishak, “Implementasi Keamanan Data Gaji Karyawan Pada PT . Capella Medan Menggunakan Metode Advanced Encryption Standard ( AES ),†vol. 18, no. 2, 2019.

B. Silaban and T. Limbong, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Kriptografi Algoritma Affine Cipher Dan Vigenere Cipher Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction,†Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 2, pp. 14–20, 2017.

A. F. Marisman and A. Hidayati, “Pembangunan Aplikasi Pembanding Kriptografi Den-Gan Caesar Cipher Dan Advance Encryption Standard (AES) Untuk File Teks,†pp. 213–222, 2015..

A. P. Widyassari, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan untuk Kenaikan Gaji pada PT AAA,†Intensif, vol. 1, no. 2, pp. 92–101, 2017..

Ilhamsyah, “Jurnal Coding Sistem Komputer Untan Jurnal Coding Sistem Komputer Untan ISSN : 2338-493X,†vol. 05, no. 1, pp. 68–79, 2017.

R. Sadikin, Kriptografi untuk Keamanan Jaringan dan Implementasinya dalam Bahasa Java, I. ANDI Yogyakarta, 2018.

A. Septiarini, “Sistem Kriptografi Untuk Text Message Menggunakan Metode Affine,†J. InForm. Mulawarman, vol. 6, no. 1, pp. 50–53, 2011.

A. Arif and P. Mandarani, “Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard ( AES ) 128 Bit Pada Sistem Keamanan Short Message Service ( SMS ) Berbasis Android,†Teknoif, vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2016..

Downloads

Published

2022-07-22

URN