Penerapan Data Mining Dalam menganalisis Data Penjualan barang Elektronik Metro Dengan Menggunakan Algoritma FP-Growth

Authors

  • Mawarhati Giawa STIMIK Triguna Dharma
  • puji Sari Ramadhan STIMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STIMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.2790

Abstract

Metro adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan barang-barang Elektronik. Perusahaan tersebut yang digunakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi dan biasanya ada proses tawar-menawa. Barang penjualan berupa elektronik kulkas, television dan lain-lain. Dengan menurunnya penjualan dan tidak tepat dalam menentukan strategi promosi yang diberikan pelanggan. Dengan begitu banyaknya data transaksi yang digunakan sebagi acuan menjual produk dengan harga modal yang hanya mendapatkan keuntungan kecil dan apabila masih tidak laku terjual pemilik toko elektronik mengeliminasi barang[1]. Dengan begitu Metro harus menggunakan strategi promosi penjualan, agar dapat meningkatkan pola penjualan elektronik, maka sistem yang cocok dalam menganalisa pola penjualan adalah dengan keilmuan data mining. Data Mining adalah proses penggalian data secara mendalam untuk mengetahui hal yang berarti dan tidak diketahui keberadaanya dan Data mining sudah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya adalah menggunakan Data mining untuk penentuan dalam menganalisa pola penjualan elektronik dan algoritma yang cocok digunakan menggunaan FP-Growth.Algoritma FP-Growth sendiri merupakan hasil perbaikan dari algoritma Apriori. FP-Growth membangkitkan struktur data tree atau yang lebih dikenal sebagai frequent pattern tree. Dari sistem tersebut mendapatkan hasil yang maksimal dalam menganalisa pola penjualan elektronik dengan menggunakan algoritma FP-Growth yang lebih efisien maupun efektif dalam mengetahui strategi promosi penjualan.

Author Biographies

Mawarhati Giawa, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

puji Sari Ramadhan, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Benri, H. Metisen And S. Latipa, "Analisis Clustering Menggunakan Metode K- Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila," 2015.

I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar And D. A. STIKOM Tunas Bangsa Jljendral Sudirman Blok No, "Memanfaatkan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Center Untuk Clustering Program Sdp," 2018.

K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik And I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Penerapan K-Means Pada Proporsi Individu Dengan Keterampilan (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin And Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK), Vol. Volume 05, 2018

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, P. 192.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara And K. Bengkulu, "Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk," 2016.

Downloads

Published

2019-08-26

URN