Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Kualitas Biji Halus Kopi Aceh Dengan Menggunakan Metode Oreste Di Stm Keude Kupie Uleekareng Dan Gayo

Authors

  • Nina Purnama Stmik Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin Stmik Triguna Dharma
  • Devri Suherdi Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.2783

Abstract

        Kopi berkualitas yang dapat dipasarkan harus tepat sesuai dengan standar dan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya. Membuat keputusan penentuan biji kopi berkualitas, diperlukan sebuah sistem yang tepat menganalisa permasalahan, akurat, dalam penyelesaian dan efisien penyajian data. Salah satu sistem yang tepat sesuai dengan permasalahan tersebut yaitu sistem pendukung keputusan.        Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang seperti itu disebut aplikasi SPK. Aplikasi SPK menggunakan CBIS (Computer Based Information Systems) yang fleksibel, interaktif, dan dapat diadaptasi, dikembangkan untuk mendukung solusi atas masalah manajemen spesifik yang tidak terstruktur. Metode sistem pendukung keputusan dapat mengembangkan dalam upaya dalam menentukan yang akan digunakan  dengan menggunakan metode Oreste. Metode Oreste merupakan metode yang dibangun sesuai untuk kondisi dimana sekumpulan alternatif akan di urutkan berdasarkan kriteria sesuai dengan tingkat kepentingannya.         Hasil dari sistem yang dibangun dengan menerapkan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Oreste dapat menentukan kualitas biji kopi dengan secara cepat dan akurat berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan.Kata Kunci: Kopi, Sistem Pendukung Keputusan, Oreste. 

Author Biographies

Nina Purnama, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, Stmik Triguna Dharma

Sistem Komputer

Devri Suherdi, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

K. J. Tannius, J. Tji Beng and D. Trisnawarman, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Biji Kopi Berkualitas Menggunakan (Simple Additive Weighting)," Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, pp. 229-234, 2016.

D. Andreswari, "Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Tanaman Obat Herbal Untuk Berbagai Penyakit Dengan Metode ROC (Rank Order Centroid) Dan Metode ORESTE Berbasis Mobile Web," INFORMATIKA, vol. 12.no2, 2016.

D. Aldo, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Toko Handphone Terbaik Di Kota Padangsidimpuan Menggunakan Metode ORESTE," Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen, vol. Jurnal 8.No 1, pp. 10-17, 2020.

A. Octavia, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mutasi Karyawan Dengan Menggunakan Metode ORESTE (STUDI KASUS: PDAM TIRTA DELI KAB. DELI SERDANG)," Jurnal Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), vol. Volume 7, pp. 93-95, 2020.

T. Mufizar, T. Nuraen and A. Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Universitas Klabat Anggota CORIS, vol. I, no. 1, pp. 68-82, 2017.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM), Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2017.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN