Implementasi Teknik Simplex Pada Rancang Bangun Penutup kolam Renang Dengan IR Receiver Berbasis Arduino

Authors

  • Ridha Maulana STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.2772

Abstract

Kolam renang merupakan suatu tempat untuk berenang, berekreasi yang menggunakan air bersih yang telah diolah dengan menggunakan komponen kimia zat klorin selaku disinfektan air kolam renang yang akan membunuh bermacam kategori kuman di air, akan tetapi,zat klorin butuh ditambahkan secara continue serta terukur sebab seiring zat klorin bekerja, ia bakal terkombinasi dengan faktor-faktor seperti air hujan yang terkontaminasi dan cahaya matahari yan bisa membuatnya menguap sehingga kandungan maupun tingkatan klorin di kolam renang butuh diuji secara teratur serta dicoba penyeimbangan. Perubahan ini juga dapat memicu reaksi dan keseimbangan air kolam renang, karena kimia air kolam renang mempengaruhi antar satu elemen dan lainnya sehingga setelah hujan lebat, bisa membuat kolam renang terlihat keruh, terutama jika kadar klorin di kolam renang turun drastis. Dengan adanya faktor tersebut maka diperlukan penghalang diantara air kolam renang dengan air hujan dan penghalang diantara sinar matahari dengan air kolam renang yang mana akan meminimalisir air hujan yang masuk ke area kolam renang serta menampung berbagai macam debu  atau kontaminasi lain untuk langsung masuk ke kolam renang dengan adanya rancang bangun penutup kolam renang dengan mengunaka remote ir transmitter dan sensor hujan  yang mana alat ini akan bekerja dengan berbasis arduino sebagai proses pengendali utama sistem, yang dirangkai dengan komponen input dan output sistem berupa sensor hujan, remote ir transmitter dengan Ir receiver, motor dc, lcd, dan mengunakan teknik simplek. Sehingga memungkinkan sistem dapat menghalangi diantara air kolam renang dengan air hujan dan menghalangi diantara sinar matahari dengan air kolam renang untuk menguragi penggunaan dari zat klorin

Author Biographies

Ridha Maulana, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

U. A. Hidayah and Y. Yulianto, “Hubungan Jumlah Pengunjung Dengan Kualitas Mikrobiologi Air Kolam Renang Di Dream Land Ajibarang Tahun 2016,†Bul. Keslingmas, vol. 37, no. 1, p. 89, 2018, doi: 10.31983/keslingmas.v37i1.3830.

M. Learning and R. Cookbook, “penyebab air kolam renang keruh putih berawan setelah hujan deras,†kolamrenangpro, 2016. https://kolamrenangpro.com/.

Y. K. ADIWIJAYA, “Rancang Bangun Penutup Kolam Renang Otomatis Berbasis Mikrokontroller ATMega8535,†p. 8535, 2011.

W. Purnama, V. Hendrico, D. Ariyono, and D. V. S. Y. Sakti, “Sistem Quality Control Gudang Menggunakan Sensor Dt-I/O Infrared Receiver 991-121, Push Email Dan Mikrokontroler Arduino Uno Pada Pt Multiprima Food,†J. Terap. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 109–119, 2017, doi: 10.21460/jutei.2017.12.24.

A. Parapat, Syaechurodji, and F. Surya, “Rekayasa Perangkat Lunak Alat Kendali Jemuran Otomatis Menggunakan Arduino Dan Sensor Hujan/Air, Kelembaban Dht11 Dan Cahaya Ldr,†J. Sains Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 19–26, 2020.

I. Z. Saniman, Mukhlis Ramadhan, “Rancang Bangun Smart Glass Telemetri Tegangan Menggunakan Teknik Simplex Berbasis Arduino Nano,†J-Sisko Tech, vol. Vol. 3, no. 1, pp. 12–18, 2020.

Downloads

Published

2019-03-25

Issue

Section

Articles

URN