Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Kurs Rupiah Terhadap Ringgit Malaysia Dengan Menggunakan Metode Trend

Authors

  • Desmanto Sihombing Stmik triguna dharma
  • puji sari ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • erika fahmi ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.2739

Abstract

          Nilai tukar mata uang atau dikenal dengan kurs merupakan harga satu unit mata uang asing dalam mata uang domestik atau bisa disebut sebagai nilai tukar mata uang terhadap pembayaran saat ini atau dikemudian hari antara dua mata uang masing-masing negara atau wilayah. Dengan adanya perdagangan internasional, maka akan dijumpai masalah baru yaitu perbedaan mata uang yang digunakan oleh negara-negara yang bersangkutan. Akibat adanya perbedaan mata uang yang digunakan, baik di negara yang mengimpor maupun mengekspor, akan menimbulkan suatu perbedaan nilai tukar uang (kurs). Dengan nilai tukar yang selalu bergerak, serta tidak terstruktur menjadikan prediksi pertukaran valuta asing menjadi salah satu yang paling sulit dan menuntut dibuatkan nya aplikasi peramalan keuangan yang mempunyai tingkat akurasi yang tinggi. Sistem keilmuan yang digunakana dalam meprediksi adalah data mining           Data Mining untuk memprediksi kurs rupiah terhadap ringgit Malaysia. Selanjutnya algoritma yang akan digunakan untuk pengelolaan Data Mining pada kasus memprediksi kurs rupiah terhadap ringgit Malaysia adalah Trend Moment  Metode Trend Moment sebagai prediksi kurs mata uang untuk mengetahui kira-kira besar nilai tukar mata uang di waktu yang akan datang. Metode Trend Moment menggunakan cara-cara perhitungan statistika dan matematika tertentu untuk mengetahui fungsi garis lurus sebagai pengganti garis putus-putus yang dibentuk oleh data historis kurs rupiah terhadap ringgit Malaysia.          Hasil didapatkan sistem dapat memperediksi kurs pada ringgit ke rupiah dengan menggunakan metode trend moment dan menggunakan sistem dengan bahasa pemograman visual basic yang cepat dan efisien.Kata Kunci: Nilai Tukar Mata Uang, Data Mining, Trend Moment  

Author Biographies

Desmanto Sihombing, Stmik triguna dharma

Sistem informasi

puji sari ramadhan, STMIK Triguna Dharma

sistem informasi

erika fahmi ginting, STMIK Triguna Dharma

sistem informasi

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

P. Katemba and R. K. Djoh, "Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Trend moment," Jurnal Ilmiah FLASH, vol. III, 2017.

E. Triyanto, H. Sismoro and D. A. Laksito, "Implementasi Algoritma Trend moment Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. IV, no. 2477-2062, pp. 73-86, 2019.

Downloads

Published

2020-01-27

URN