Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Tingkat Kecerdasan Anak Usia Dini Pada Aisyah Az-Zahra Menggunakan Metode Certainty Factor(CF)

Authors

  • maulidia harahap STMIK Triguna Dharma
  • saiful nurarief STMIK TRiguna Dharma
  • rico imanta Ginting STMIK TRiguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i10.2725

Abstract

Anak usia dini adalah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan yang unik, karena terjadi bersamaan dengan golden age. Periode tumbuh kembang anak akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak itu sendiri. Salah satunya dengan mengetahui kecerdasan anak sedini mungkin sehingga orang tua dapat membantu secara langung dengan mengarahkan anak sesuai dengan kecerdasan mereka. Kecerdasan anak dapat diketahui melalui konsultasi dengan psikolog anak. Biasanya biaya konsultasi yang dibutuhkan relatif mahal. Sistem pakar adalah program komputer cerdas yang menggunakan prosedur pengetahuan dan inferensi untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan keahlian manusia yang tidak dimiliki oleh manusia lainnya. Sistem pakar dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menggabungkan pengetahuan manusia dengan kemampuan komputasi untuk menyelesaikan suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem pakar untuk membantu para orang tua yang mempunyai anak usia 4-5 tahun mengetahui kecerdasan anaknya sehingga dapat mengurangi biaya konsultasi pada psikolog. Sistem pakar dibangun menggunakan penalaran maju, memiliki basis pengetahuan dalam bentuk kaidah produks, dan bahasa pemrograman PHP. Berdasarkan hasil pengujian, sistem pakar penentuan kecerdasan anak usia 4-5 tahun berbasis web mempunyai tingkat akurasi sebesar 79,99% untuk menentukan jenis kecerdasan anak.Dari uraian diatas perlu dibuat suatu sistem pakar dalam mendeteksi tingkat kecerdasan anak usia dini pada Aisyah Az-Zahra dengan menggunakan metode Certainty Factor. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu pihak Raudhatul Athfal (RA) Aisyah Az-Zahra dalam mendeteksi tingkat kecerdasan anak usia dini dengan metode Certainty Factor. dalam mendeteksi tingkat kecerdasan anak usia dini yang dilakukan lebih objektif sesuai dengan kecerdasan, kriteria, karakter anak dan bobot yang ditentukan oleh Aisyah Az-Zahra.

Author Biographies

maulidia harahap, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

saiful nurarief, STMIK TRiguna Dharma

Sistem Informasi

rico imanta Ginting, STMIK TRiguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Purnomo, B. Irawan and Y. Brianorman, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KUCING MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS ANDROID," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. V, no. 2338-493X, pp. 45-55, 2017.

D. Suryadi, R. Meilianda, A. F. Suryono and M. , "Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Kerusakan Mesin Industri Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Teknik Mesin, vol. XX, no. 1, pp. 56-62, 2018.

A. Riadi, "PENERAPAN METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DIABETES MELITUS PADA RSUD BUMI PANUA KABUPATEN POHUWATO," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. IX, no. 3, pp. 309-316, 2017.

L. Putri, "Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Roseola Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), Vol. I, No. 2, 2020.

P. Ramadhan, "Penerapan Euclidean Probability Dalam Pendeteksian Penyakit Impetigo," CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), Vol. IV, No. 1, 2019.

D. T. Yuwono, A. Fadlil and S. , "PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA ANGGREK COELOGYNE PANDURATA," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. IV, no. 2, pp. 136-145, 2017.

S. , R. Nurmalina, " Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)," Jurnal Intra-Tech, vol. I, no. 2, pp. 18-27, 2017.

Downloads

Published

2020-10-30

URN