Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Kebutuhan Pokok Pada Chyke’s
DOI:
https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.2706Abstract
AbstractChyke’s Minimarket merupakan perusahaan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi pembelian secara langsung dan ditawarkan produk penjualan berupa produk makanan, minuman ataupun kebutuhan pokok. Dengan begitu Chyke’s Minimarket harus menggunakan strategi promosi penjualan, agar dapat meningkatkan penjualan dengan menganalisa pola pembelian kebutuhan pokok. Maka sistem yang cocok dalam menganalisa pembelian dengan keilmuan data mining.Data Mining adalah proses penggalian data secara mendalam untuk mengetahui hal yang berarti dan tidak diketahui keberadaanya. Data mining untuk penentuan dalam menganalisa pola pembelian kebutuhan pokok dan algoritma yang cocok digunakan menggunaan AprioriAlgoritma Apriori sendiri merupakan hasil perbaikan dari algoritma Apriori. Apriori merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menentukan himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset) dalam sebuah kumpulan data. Maka hasil proses dibuat dapat dikembangkan dengan menggunakan sistem berbasis komputer. Kata Kunci: Data Mining, Apriori, KonsumenReferences
M. Benri, H. Metisen and S. Latipa, "Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila," 2015.
I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar and D. A. STIKOM Tunas Bangsa JlJendral Sudirman Blok No, "Memanfaatkan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Center Untuk Clustering Program SDP," 2018.
K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik and I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Penerapan K-Means pada Proporsi Individu dengan Keterampilan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah, 2019.
Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018