Implementasi Data Mining Dalam Pengelompokkan Crew Multimedia Fotografi Dan Cameraman Pada Siswa SMK Multimedia Raksana Medan Dengan Menggunakan Algoritma K-Means

Authors

  • Saputra Silitonga STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i11.2693

Abstract

Pada instansi Yayasan Pendidikan Raksana memiliki lebih dari 1000 siswa dan memiliki 4 sekolah yaitu SMP, SMA, SMK 1 dan SMK 2. Dengan memiliki siswa banyak, tugas dan tanggung jawab sekolah untuk meningkatkan mutu Sekolah Raksana Medan. Adapun kendala yang dihadapi sekolah dengan mengelompokkan data siswa multimedia dengan penetapan keahlian masing-masing dan masih menggunakan sistem konvesional.  Maka dibutuhkan suatu sistem berbasis komputer yang dapat mengelompokkan data siswa dalam pembentukan crew multimedia fotografi dan cameraman yaitu dengan keilmuan Data Mining. Data Mining adalah proses penggalian data secara mendalam untuk mengetahui hal yang berarti dan tidak diketahui keberadaanya. Penerapan Data Mining telah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan. Selanjutnya algoritma yang akan digunakan untuk pengelolaan Data Mining pada kasus dalam pengelompokkan crew multimedia fotografi dan cameraman pada siswa SMK Multimedia Raksana Medan adalah K-Means Clustering. Algoritma K-Means merupakan algoritma yang sederhana untuk diimplementrasikan, memiliki kinerja yang relatif cepat, mudah beradaptasi, dan umum digunakan. Sistem yang telah dibangun ini menggunakan sistem berbasis desktop. Dalam perancangan database menggunakan Microsoft Access dan pemrograman menggunakan Microsoft Visual Basic 2010, yang diaplikasikan pada PC/Laptop, kemudian dijalankan oleh admin sebagai user dengan cara login terlebih dahulu, setelah itu memasukkan data-data yang kemudian diproses menggunakan metode K-Means Clustering.

Author Biographies

Saputra Silitonga, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

S. S. Helma, M. R. R. R and E. Normala, "Clustering pada Data Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kota Pekanbaru Menggunakan Algoritma K-Means," Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI, vol. I, no. 1, pp. 131-137, 2019.

F. Yunita, "Penerapan Data mining Menggunkan Algoritma K-Means Clustring Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Islam Indragiri)," Jurnal SISTEMASI, pp. 238-249, 2018.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "Penerapan Data mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018

Joko Suntoro, Data mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192.

Downloads

Published

2020-11-29

URN