Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kitchen Stock Pada Masakan Thailand Menggunakan Logika Fuzzy Mamdani Di Restoran Somtam Thai

Authors

  • Grace Theresia Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.2639

Abstract

Restoran Somtam Thai mengalami masalah menentukan persediaan stok bahan masakan dapur yang akan dipesan ke supplier agar tidak terjadi kekurangan ataupun kelebihan stok. Dalam hal ini, maka diperlukan sebuah metode yang mampu dan teruji untuk menetukan persediaan stok bahan masakan dapur yang akan dipesan ke supplier oleh restoran. Sistem yang dapat menyimpulkan hasil keputusan menggunakan konsep SPK (Sistem Pendukung Keputusan) diharapkan dapat mengatasi masalah. Implementasi SPK telah banyak digunakan dalam pengambilan keputusan berdasarkan variabel yang sudah ditentukan. SPK yang digunakan yaitu Fuzzy Mamdani. Logika Fuzzy menginterpretasikan statemen yang samar menjadi sebuah pengertian yang logis. Sistem yang telah dibangun ini menggunakan sistem berbasis desktop. Dalam perancangan database menggunakan Microsoft Access dan pemrograman menggunakan Microsoft Visual Basic 2010, yang diaplikasikan pada PC/Laptop, kemudian dijalankan oleh admin sebagai user dengan cara login terlebih dahulu, setelah itu memasukkan data-data yang kemudian diproses menggunakan metode Fuzzy Mamdani.

Author Biographies

Grace Theresia Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Khairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

K. Umam, V. E. Sulastri, T. Andini, D. U. Sutiksno and M. , "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. V, no. 1, pp. 43-49, 2018.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "Logika Fuzzy Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa," Jurnak Komputer, vol. I, no. 2, pp. 61-69, 2018.

m. Abrori and . A. h. prihamayu, "Aplikasi Logika FUZZY Metode Mamdani Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi," Kaunia, vol. XI, no. 2, p. 91 – 99, 2015.

I. K.E Raga Djara, T. Widiastuti and D. M. Sihotang, "Penerapan Logika Fuzzy Menggunakan Metode Mamdani Dalam Optimasi Permintaan Obat," J-ICON, vol. VII, no. 2, p. 157~161, 2019.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

Downloads

Published

2020-01-27

URN