Market Base Analisis Pada Indogrosir di Dalam Penjualan Produk Sembako Menggunakan Metode Apriori

Authors

  • Mas Azza Naponco STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.2594

Abstract

Semakin pesat pertumbuhan masyarakat mengakibatkan semakin dibutuhkan pula persediaan bahan makanan. Di dunia penjualan para pengembang dituntut agar dapat menemukan suatu formula yang dapat meningkatkatkan penjualan produk di pasar. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan tersebut, banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan data penjualan yang diperoleh setiap hari dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi suatu informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan dan promosi bahan sembako. Agar memudahkan mengolah data yang telah ada dengan jumlah yang sangat banyak digunakan data mining, Dari beberapa algoritma yang ada pada data mining akan dipilih algoritma apriori sebagai langkah untuk menghasilkan penemuan informasi baru pada data transaksi penjualan pada PT. Indogrosir.Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah selama ini pihak Indogrosir sering kali tidak mampu memenuhi permintaan sembako yang dibutuhkan konsumen sebagaimana mestinya, sehingga membuat kekecewaan para konsumen. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menggunakan teknik analisis keranjang belanja atau Market Basket Analysis (MBA) yaitu analisis dari kebiasaan membeli konsumen dan algoritma AprioriHasil akhirnya adalah suatu aplikasi Data Mining yang dapat digunakan untuk untuk mengetahui Market Base Analisis  dalam penjualan produk sembako yang ada pada Indogrosir

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles

URN