Penerapan Metode Multi Objective Optimization On The Of Ratio Analysis (MOORA) Dalam Menentukan Kelayakan Pinjaman Nasabah Pada BMT BINA MITRA MANDIRI

Authors

  • putri hidayat stmik triguna dharma
  • marsono m STMIK Triguna Dharma
  • Asyahari hadi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.2584

Abstract

BMT Bina Mitra Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam usaha penyimpanan dan peminjaman dana nasabah. Dimana salah satu unit usaha yang utama yaitu peminjaman dana kepada nasabah. Dalam proses menentukan kelayakan pinjaman nasabah selama ini masih dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu dengan wawancara dan survei. Penilaian yang bersifat subjektif tersebut juga dikarenakan kesulitan pihak perusahaan dalam menghitung persentase kelayakan pinjaman. Kesalahan penilaian ini mengakibatkan beberapa peminjam menunggak pembayaran angsuran melebihi jatuh tempo.Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan tersebut diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan kelayakan pinjaman nasabah dengan tepat. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah adalah Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) yaitu dengan cara memecah permasalahan kedalam kriteria-kriteria yang telah ditentukan kemudian dikalikan dengan bobot preferensi kriteria, sehingga menghasilkan nilai akhir pada setiap alternatif. Hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu perusahaan dalam menentukan kelayakan pinjaman nasabah yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada perusahaan yang lain. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Kelayakan Pinjaman Nasabah, Metode MOORA

References

Ade Mobarok & Deska Susanti. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Pembayaran Tagihan Air (Studi Kasus : Pengelola Layanan Air Warga Perum Perakan Muncang). Ekono Insentif Kopwil4, 11 (2), 20-28.

Adetra Halim & Syahril hasan. 2017. Sistem Informasi Pengelolaan uang Komite Menggunakan Borland Delphi 7 Pada SMA Negeri 5 Kota Ternate. . Indonesian Journal on Information System, 2 (1), 27-34.

Ayu Mayang Sari, Asnawati & Liza Yulianti. 2015. Aplikasi Pendataan Pasien Rujuk Balik Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Bengkulu. Media Infotama, 11 (2), 101-109.

Darman Umagapi & Syahril Hasan. 2018. Sistem Informasi Pengendalian Internal Prosedur Pencatatan Akuntansi Penggajian Pada PT.Halmahera Karya Timur Persada Menggunakan Visual Basic Studio. Indonesian Journal on Information System, 3(2), 76-84.

Dicky Nofriansyah & Sarjon Defit, 2017, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Didi Susianto & Rahmad Adi Guntoro. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi geografis Daerah Titik Rawan Kecelakaan Di Provinsi Lampung. Jurnal Cendikia, 14 (1),19-25.

Eka Wida Fridayanthie & Tias Mahdiati. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus : Kejaksaan Negeri RangkasBitung. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4 (2), 126-137.

Fery Wongso. 2015. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Java Studi Kasus Pada Toko Karya Gemilang Pekan Baru. Jurnal Ilmiah Ekonomin dan Bisnis, 12 (1), 46-60

Haryanto. 2018. Pembuatan Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Untuk Pemilihan Penerima Beasiswa Siswa KMS Dengan Metode MOORA. Jurnal Informa Politeknik Indonusa Surakarta, 4 (1), 10-19.

Henny Ekawati, Bebas Widada & Tri Irawati. 2015. Sistem Informasi Pengagendaa Surat Keluar Masuk Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kecamatan Polanharjo Dengan Aplikasi Multi user. Jurnal Ilmiah Sinus, ISSN : 1693 – 1173, 55-64.

Heri Santoso. 2018. Problem of Letter Architecture Completion Using A*Search Method. Jurnal Matematika dan Terapan, 4 (2), 1-13.

IndraHidayatulloh & Muhammad Zidny Naf’an. 2017. Metode MOORA Dengan Pendekatan Price-quality Ratio Unutk Rekomendasi Pemilihan Smartphone. Proceding SINTAK, ISBN : 978-602-8557-20-7, 62-68.

Downloads

Published

2022-08-02

URN