Implementasi (IOT) Internet Of Things Pada Sistem Kendali Dan Monitorng Beban Listrik Rumah Dengan Teknik (Pwm) Pulse Width Modulation Berbasis Nodemcu

Authors

  • Hartono H STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.2579

Abstract

Listrik merupakan sarana yang sangat penting bagi masyarakat, untuk melakukan aktivitas seperti menghidupkan lampu, komputer, tv, kulkas, mesin cuci dan lain-lain, bisa dikatakan energi yang satu ini merupakan komponen penting dalam kehidupan.Listrik merupakan kebutuhan manusia sehari-hari, dengan adanya listrik setiap pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Di balik kegunaan listrik yang sangat bermanfaat di sisi lain bahaya penggunaan listik sehari-hari juga memiliki resiko besar yang dapat membahayakan penggunanya salah satunya kebakaran rumah yang diakibatkan arus pendek listrik. Kebakaran merupakan salah satu bencana yang  sering terjadi di kota-kota besar baik pada kawasan pemukiman penduduk, gedung perkantoran, pabrik, pasar, pusat pembelanjaan dan lain-lain.Dengan demikian dengan adanya sistem ini mampu untuk menangani permasalahan tersebut dikarenakan sistem yang dirancang mampu untuk melakukan monitoring penggunaan listrik dan bisa dilakukan sebagai pengendalian listrik saat rumah tidak berpenghuni,dengan begitu bisa meminimalisirkan terjadi nya arus terpakai sia-sia.

References

T. A. Gedung, “Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Pada Rumah Tinggal Atau Gedung,†Edu Elektr. J., vol. 3, no. 2, 2014.

E. Yuniarti, M. Setiawati, and D. A. Majid, “Instalasi Listrik Yang Benar Dan Aman Dalam Upaya Mencegah Bahaya Kebakaran Akibat Konsleting Listrik Di Daerah Padat Penduduk Right And Secure Electrical Installation In Effort To Prevent Fire Hazards Due To Electrical Consleting In The Solid Population,†Pros. Semin. Nas. Penerapan IPTEKS, vol. 4, pp. 146–154, 2018.

A. Marzuki, “Pulse Width Modulation (PWM),†Inst. Pertan. Bogor, pp. 1–4, 2015.

M. Pranata and T. Andrasto, “Sistem Pengendali dan Monitoring Peralatan Listrik Rumah Tangga Melalui Web,†Edu Komputika J., vol. 3, no. 1, pp. 27–32, 2016.

R. Sulistyowat and D. D. Febriantoro, “Perancangan Prototype Sistem Kontrol Dan Monitoring Pembatas Daya Listrik Berbasis Mikrokontroler,†Iptek, vol. 16, no. 1, pp. 10–21, 2012, [Online]. Available: http://jurnal.itats.ac.id/wp-content/uploads/2013/06/4.-RINY-FINAL-hal-24-32.pdf.

Downloads

Published

2020-01-27

URN