Implementasi IoT (Internet Of Things) Pada Sistem Fire And Gas Detection Dengan Platform Blynk

Authors

  • Anjurijal Sihombing STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Ardiansyah Sembiring STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.2552

Abstract

Kebakaran rumah yang diakibatkan oleh percikan api maupun tabung gas LPG yang bocor sampai saat ini masih menjadi salah satu penyebab dari kebakaran, musibah kebakaran ini sanggat merugikan baik bagi pemilik rumah maupun tetangga, dimana rumah yang terbakar akan menimbulkan api yang dapat membakar dan menghanguskan rumah itu sendiri dan juga bagunan yang ada dekatya, penyebab kebakan itu diantaraya oleh percikan api yang menyebar maupun kebocoran tabung gas yang ada pada tempat tabung tersebut diletakkan, kebakaran maupun kebocoran tabung gas tersebut dapat terjadi oleh kelalaian pengguna, dimana terkadang pengguna ataupun pemilik rumah tidak memperhitungkan dalam hal peletakkan tabung gas LPG, dan tidak memperhatikan apakah terdapat kandungan gas yang bocor.Oleh karena itu dibutuhkannya suatu sistem yang dapat melakukan pendeteksian fire (Api) dan gas LPG sehingga pemilik rumah dapat melakukan pemantauan dan sistem dapat menginformasian apabilah terjadi kebocoran gas maupun adanya api kepada pengguna sistem tersebut.Dengan demikian sistem Fire and Gas Detection, dapat diimplementasikan dikarenakan sistem menggunakan platform berbasis IOT dimana sistem dapat terhubung dengan akses internet untuk melakukan  pengiriman data dengan platform Iot yang digunakan yaitu Blynk. Sehingga apabila terdeteksi adanya api dan gas sistem secara langsung melakukan pengirimkan data dan mengiriman informasi ke aplikasi Blynk berupa Led indikator dan notifikasi.  

References

Handi, H. Fitriyah, and G. E. Setyawan, “Sistem Pemantauan Menggunakan Blynk dan Pengendalian Penyiraman Tanaman Jamur Dengan Metode Logika Fuzzy,†vol. 3, no. 4, 2019.

M. A. Ashari and L. Lidyawati, “Iot Berbasis Sistem Smart Home Menggunakan Nodemcu V3,†J. Kaji. Tek. Elektro, vol. 11, no. 31, pp. 43–61, 1945.

A. Warda, P. Putra, A. Bhawiyuga, and M. Data, “Implementasi Autentikasi JSON Web Token ( JWT ) Sebagai Mekanisme Autentikasi Protokol MQTT Pada Perangkat NodeMCU,†J-Ptiik, vol. 2, no. 2, pp. 584–593, 2018.

D. Nurnaningsih, “Pendeteksi Kebocoran Tabung LPG Melalui SMS Gateway Menggunakan Sensor MQ-2 Berbasis Arduino Uno,†J. Tek. Inform., vol. 11, no. 2, pp. 121–126, 2018, doi: 10.15408/jti.v11i2.7512.

P. M. Widartiningsih and M. Hamdan, “PROSIDING SNIPS 2017 Detektor LPG Menggunakan Sensor MQ-6 Berbasis Mikrokontroler ATMega 328P,†pp. 28–34, 2017.

L. HIDAYAT, ISWANTO, and H. MUHAMMAD, “Perancangan Robot Pemadam Api Divisi Senior Berkaki,†J. Ilm. Semesta Tek., vol. 14, no. 2, pp. 112–116, 2011.

Downloads

Published

2022-07-27

URN