PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP SERVICE DI PT. DELTAMAS SURYA INDAH MULIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROUGHT SET

Authors

  • Putri Paradina Nst STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.2546

Abstract

PT. Deltamas Surya Indah Mulia sebagai salah satu dealer resmi cabang Toyota Indonesia yang terletak di Sumatera Utara tepatnya di Kota Medan, sudah seharusnya untuk lebih meningkatkan strategi dalam pelayanan service yang akan diberikan agar bisa tetap bersaing dengan cabang Toyota lainnya yang ada di Kota Medan bahkan Di Indonesia.Mengingat pelanggan yang semakin hari semakin meningkat dalam melakukan service di berbagai cabang bengkel yang ada dan selalu dapat penilaian dari setiap pelanggan tentang keluhan service yang mereka lakukan dibengkel, banyak pelanggan yang memberikan penilaiannya guna membuat bengkel menjadi lebih baik lagi. Seiring berkembangnya perusahaan dan bertambahnya pelanggan yang dimiliki maka jumlah pelayanan dan pengerjaannya pun bertambah sehingga melibatkan pihak-pihak yang bersangkutan. Maka perlu adanya untuk perusahaan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan agar perusahaan dapat meningkatkan lagi pelayanannya. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada PT. Deltamas Surya Indah Mulia, maka diperlukan sebuah sebuah Data Mining dengan Metode Rought Set yang mampu memprediksi tingkat kepuasan terhadap pelanggan.Dari hasil implementasi sistem ini dapat disimpulkan agar dapat menggunakan metode Rought Set dapat membantu admin untuk memprediksi tingkat kepuasan terhadap pelanggan.

References

A. S. Lubis and N. R. Andayani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam,†J. Appl. Bus. Adm., vol. 1, no. 2, pp. 232–243, 2018, doi: 10.30871/jaba.v1i2.619.

M. Jamaris, “Implementasi Metode Rough Set Untuk Menentukan Kelayakan Bantuan Dana Hibah Fasilitas Rumah Ibadah,†INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 2, no. 2, p. 161, 2017, doi: 10.35314/isi.v2i2.203.

J. Riset, S. Informasi, and T. Informatika, “No Title,†vol. 1, pp. 1–6, 2016.

E. Astuti and M. Kom, “Metode Rough Set Dalam Pengurusan Perizinan Tempat Usaha ( Studi Kasus : Badan Pelayanan Terpadu Dan Penanaman Modal Dumai ),†Semin. Nas. Inform., pp. 462–466, 2015.

Downloads

Published

2022-07-27

URN