IMPLEMENTASI DATA MINING MENENTUKAN POLA PENJUALAN PRODUK PT.SINERGIA BEAUTE INDONESIA DENGAN ALGORITMA APRIORI

Penulis

  • M. Sultan Iskandar STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Yohanni Syahra STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Suharsil S STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.2542

Abstrak

PT. Sinergia Beaute Indonesia merupakan perusahaan dagang yang bergerak di bidang distribusi (distributor) cosmetic. Dimana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen sehingga dapat ditentukan strategi pola penjualan produk terlaris. Untuk dapat melakukan hal tersebut, perusahaan membutuhkan sumber informasi yang cukup banyak untuk dapat dianalisis lebih lanjut. Pada PT. Sinergia Beaute Indonesia, terdapat beberapa permasalahan yang kerap muncul mengenai penjualan produk Cosmetic, dan masih ada proses-proses yang dilakukan secara manual sehingga sering terjadi kesalahan dalam pencatatan data-data yang ada dan kurangnya efisiensi waktu yang diperlukan. Seperti halnya pada PT. Sinergia Beaute Indonesia. Pada saat ini  PT. Sinergia Beaute Indonesia masih memproses data penjualannya masih secara manual.         Apriori merupakan salah satu metode dari Data Mining untuk dapat mempelajari aturan asosiasi, mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu database. Metode ini menentukan minum support, menghitung item-iteem dari suporrt dengan men-scan database untuk 1-itemset,apabila telah memenuhi minimum support, 1-itemset tersebut akan menjadi pola frequent tinggi.          Dengan membangun sebuah sistem yang berdasarkan Menetukan Pola Penjualan PT. Sinergia Beaute Indonesia dengan Algoritma Apriori, diharapkan dapat membantu pihak perusahaan dalam  menentukan pola penjualan produknya.

Referensi

M. Hasanah, S. Defit, and G. W. Nurcahyo, “Implementasi Algoritma K-Means untuk Klasterisasi Peserta M. Purba, M. Kom, D. Politeknik, and A. Palembang,“RANCANG BANGUN PENGOLAHAN DATA PENGGAJIAN PADA LEMBAGA AKUNTANSI MANAJEMEN INFORMATIKA (LAMI) KOMPUTER,†J. Informanika, vol. 2, no. 2, 2016.

T. Sulastri and D. Nurfiriah, “INDONESIA (KANTOR BESAR POS) BANDUNG,†2014. [Online]. Available:http://elib.unikom.ac.id/files/.

“3.%20BAB%20II.â€

R. Nuraini, “DESAIN ALGORITHMA OPERASI PERKALIAN MATRIKS MENGGUNAKAN METODE FLOWCHART,†vol. 1, no. FEBRUARI, 2015.

“Pemodelan UML Sistem Informasi Geografis Pasar Tradisional Kota Pekanbaru.â€

R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat.â€

F. A. Sianturi, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK PENENTUAN TINGKAT PESANAN,†J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, pp. 50–57, 2018, [Online]. Available: http://bowmasbow.blogspot.com/20.

A. Karakteristik et al., “Knowledge Discovery in Database Analysis of Traffic Accident Characteristic on Ahmad Yani

Diterbitkan

2022-08-01

Terbitan

Bagian

Articles

URN