Implementasi Internet Of Things (Iot) Untuk Sistem Peringatan Lama Waktu Berkendara Menggunakan Teknik Counter Menggunakan Blynk

Authors

  • Ardiansyah Putra STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.2541

Abstract

Ada banyak sekali jenis transportasi umum yang ada, Bus merupakan salah satu diantaranya. Trasnportasi jenis bus biasa digunakan untuk angkutan dengan jarak tempuh yang jauh seperti untuk dijadikan trasnportasi umum antar kota. Dengan jarak tempuh yang cukup jauh, transportasi jenis bus tentu akan menjadi riskan dalam pengoperasiannya di jalanan. Penjadwalan pengoperasian atau pembatasan durasi perjalanan tentu menjadi salah satu faktor yang penting bagi pengendara. Bila merujuk kepada peraturan pemerintah hal ini juga menjadi sesuatu yang cukup diperhitungkan.Oleh karena itu tentu diperlukan sebuah sistem yang dapat menjadi pengingat bagi pengemudi bus untuk mematuhi dan mengingat durasi waktu perjalanan yang telah ditentukan. Sehingga dapat meminimalisirkan terjadinya kecelakan khususnya yang melibatkan bus disebabkan karena kelelahan pengemudi bus yang telah mengemudi terlalu lamaBerdasarkan permasalahan tersebut dirasa perlu dilakukanlah penelitian terhadap pembuatan sistem peringatan lama waktu berkendara bagi supir bus, sistem yang dibangun nantinya dapat diakses melalui smartphone dengan aplikasi Blynk. Sistem akan bekerja dengan dikontrol oleh perangkat NodemCu. Sistem nantinya juga dapat dimonitoring melalu display LCD dan indikator berupa led dan Buzzer.

References

Sigit Haryono,. ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ANGKUTAN UMUM (BUS KOTA) DI KOTA YOGYAKARTA Jurnal Administrasi Bisnis Vol.7, No.1.

Abi Jam’an Kurnia S.H. Waktu Istirahat Pengemudi Kendaraan Bermotor Umu. 13 Juni 2018 https://threeaspolitica.wordpress.com/2011/10/07/standar-penulisan-daftar-pustakareferensi-ieee-style/.

Meidia Refiyann dkk. ANALISIS KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA BERDASARKAN (BOK) DESA TUMPOK LADANG KECAMATAN KAWAY XVI. .Jurnal Teknik Sipil Univ. Teuku Umar, Vol.2 No.2 2016.

Kukuh Mirsa Satya. KUALITAS PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG PADA KORIDOR I DAN II . Jurnal Universitas Diponegoro.

SUWARDI. Analisis Kinerja dan Tarif Angkutan Umum Bus Jurusan Surakarta-Yogyakarta: Studi Kasus pada Bus Langsung Jaya, Jaya Putra dan Sri Mulyo JURNAL ILMIAH SEMESTA TEKNIKA Vol.12, No.1, 2009

Downloads

Published

2022-07-18

URN