Assosiation Analysis System Untuk Menganalisis Pola Penjualan Obat-Obatan Pada Klinik Devi Menggunakan Algoritma Pattern Growth

Authors

  • Evelinta Br Barus STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.2499

Abstract

Klinik merupakan fasilitas pelayanan kesehatan perorangan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan. Dalam setiap penjualan obat memiliki transaksi barang yang dibeli oleh pelanggan. Data transaksi penjualan tersebut terus- menerus bertambah setiap harinya dan akan menumpuk sehingga membuat tempat penyimpanan data semakin banyak. Data transaksi penjualan obat seharusnya dapat dimanfaatkan untuk menganalisis pola penjualan obat pada klinik.             Data mining dapat membantu menemukan pola suatu data atau informasi yang berharga. Algoritma Fp-Growth adalah salah satu algoritma dalam teknik data mining yang dapat digunakan untuk mencari pola data transaksi penjualan obat. Algoritma Fp-Growth melakukan pencarian pola frequent itemset atau frekuensi kemunculan dan memiliki minimum support dan minimum confidence.  Hasil penelitian yang dilakukan  dengan menggunakan algoritma Fp-Growth menghasilkan sebuah informasi baru dimana pola penjualan obat sangat bervariasi. Dengan dibangunnya sistem ini hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensi bagi Klinik Devi dalam menyimpan ketersediaan obat kepada pelanggan.

References

J. Informasi, V. Suryani, and S. Defit, “Analisa Data Profil Pelanggan Menggunakan Algoritma FP-Growth,†vol. 1, no. 4, pp. 24–32, 2019.

C. V. P. Mandiri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Alat Tulis Kantor Pada,†vol. VI, no. 1, 2020.

J. Nasional and S. Informasi, “PENERAPAN DATA MINING DALAM PENGELOMPOKAN PENDERITA THALASSAEMIA,†vol. 02, pp. 299–305, 2017.

A. Universitas, P. Indonesia, F. Teknologi, and T. Informatika, “Penerapan Algoritma Apriori dalam Data Mining untuk Memprediksi Pola Pengunjung pada Objek Wisata Kabupaten Karo,†vol. 2, no. April, pp. 49–54, 2019.

D. P. Larasati, M. Nasrun, S. Si, and U. A. Ahmad, “ANALISIS DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH PADA APLIKASI SMART UNTUK MENENTUKAN MARKET BASKET ANALYSIS PADA USAHA RETAIL ( STUDI KASUS : PT . X ) ANALYSIS AND IMPLEMENTATION OF FP-GROWTH ALGORITHM IN SMART APPLICATION TO DETERMINE MARKET BASKET ANALYSI,†vol. 2, no. 1, pp. 749–755, 2015.

Downloads

Published

2021-11-30

URN