Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prioritas Pendistribusian Obat Menggunakan Metode Weight Product (WP) Pada PT. Kimia Farma Trading Dan Distribution Cabang Medan

Authors

  • Novika Sari STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.2490

Abstract

PT. Kimia Farma Trading dan Distribution Cabang Medan merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang pendistribusian obat, saat ini perusahaan memegang banyak fasilitas pelayanan kesehatan seperti apotek, rumah sakit, dan Outlet lainnya dibeberapa kabupaten dalam mendistribusikan obatnya. Dengan banyaknya jumlah kabupaten yang dijadikan perusahaan dalam sasaran pendistribusian obat, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam menentukan prioritas pendistribusian obat.Solusi dari permasalahan di atas adalah PT. Kimia Farma Trading dan Distribution Cabang Medan memerlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam mengambil keputusan dengan menggunakan metode WP untuk menentukan fasilitas pelayanan kesehatan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu dalam mendistribusikan obatnya. Diharapkan dengan sistem ini dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada pada PT. Kimia Farma Trading dan Distribution Cabang Medan. Hasil dari sistem ini adalah sebuah laporan pendukung keputusan yang menentukan pelanggan yang harus diprioritaskan dalam proses pendistribusian obat pada PT. Kimia Farma Trading dan Distribution Cabang Medan. Dengan laporan ini diharapkan dapat membantu mengurangi tingkat kesalahan dalam menentukan pelaanggan yang harus diprioritaskan dalam pendistribusian obat.

References

L. S. Simanjuntak, J. R. Sagala, A. Gea, P. Studi, T. Informatika, and U. M. Indonesia, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Ahp Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan ( Studikasus : Dinas Koperasi , Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Deli Serdang ),†vol. 4, no. 1, pp. 20–26, 2018.

F. Susanto, P. T. Informatika, L. Utara, A. Sherly, N. Sari, and A. Salim, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kualitas Jambu Biji Unggulan Menggunakan Metode Weighted Product,†vol. 01, no. 03, 2018.

R. Dwinanto, P. Moengin, and S. Adisuwiryo, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada Pt. Batarasura Mulia,†J. Tek. Ind., vol. 7, no. 3, 2018.

E. Iswandy, D. S. T. M. I. Komputer, and S. J. Padang, “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Dan Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyaluran Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu,†J. TEKNOIF, vol. 3, no. 2, 2015.

N. Dicky and D. Sarjon, MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2017.

H. S. Permatasari, A. Suyatno, and A. H. Kridalaksana, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi DiUniversitas Mulawarman Menggunakan Metode Tsukamoto (Studi Kasus : Fakultas

IPA),†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, p. 32, 2016.

N. W. Al-Hafiz, Mesran, and Suginam, “Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis ( Moora ),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. I, no. 1, pp. 306–309, 2017.

D. Irawan and N. Mafrudhoh, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemberian Keputusan Pembebasan Biaya Bagi Siswa Yang Kurang Mampu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Study Kasus Mi Hidayatuul Mubtadiin Srikaton Adiluwih),†J. TAM, vol. 7, no. 0, pp. 27–37, 2016.

A. Saputra, “Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Memilih Komputer (Laptop) Dengan Menggunakan Metode Analitical Hierarcy Process (AHP),†J. Sist., vol. 3, no. 2, pp. 14–28, 2014.

A. H. Reynold. Y1, Mulyadi2, “Perancangan Aplikasi Sistem Manajemen Distribusi Barang Gudang Pt. Bank Artha Graha Internasional, Tbk Berbasis Web,†vol. 10, no. 2, pp. 530–540, 2015

Downloads

Published

2019-03-25

Issue

Section

Articles

URN