IMPLEMENTASI IOT (INTERNET OF THINGS) UNTUK KEAMANAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN NodeMCU

Authors

  • ranto situmorang STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.2479

Abstract

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat banyak digunakan di kehidupan sehari-hari, seiring bertambahnya jumlah sepeda motor maka semakin tinggi pula tingkat kejahatan terhadap sepeda motor. Maka seringlah terjadi kehilangan sepeda motor yang sedang berada di parkiran rumah, tempat bekerja dan di tempat rekreasi. Hal ini terjadi karena kurangnya tingkat keamanan terhadap  kunci kontak pada sepeda motor sehingga kunci kontak sangat mudah untuk dibobol.Sebagai solusi dari permasalahan diatas dapat dibuat sebuah sistem untuk meningkatkan sistem keamanan pada kunci kontak dengan memanfaatkan jaringan internet dan smartphone dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) berbasis NodeMCU. NodeMCU ini digunakan sebagai sistem kendali utama pada komponen yang lainnya di sistem keamanan kunci kontak pada sepeda motor, contoh komponen yang dimaksud adalah seperti relay.Setelah dilakukan perancangan sistem kemananan kunci kontak pada sepeda motor dengan konsep Internet of Things (IoT) berbasis NodeMCU maka dapat dibangun dan diimplementasikan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) yang berbasis NodeMCU. Dengan adanya sistem keamanan yang telah dibangun ini diharapkan dapat mengatasi masalah kehilangan sepeda motor dan meningkatkan keamanan terhadap kunci kontak pada sepeda motor.

References

M. Alifandi, Kuzairi, “Penentuan Lama Gerak Motor pada Lintasan Berbentuk Lingkaran Menggunakan Interpolasi Lagrange,†J. Zeta–Math, Vol. 2, No. 2 November 2016, pp. 46-50.

M. Haris, H. Yasin, and A. Hoyyi, “ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH KEJAHATAN PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR (CURANMOR) MENGGUNAKAN MODEL GEOGRAPHICALLY WEIGHTED POISSON REGRESSION (GWPR),†J. GAUSSIAN, Vol. 4, No. 2, 2015, pp. 205-214.

B. A. Umam, Y. Efenie, “Sistem Rumah Cerdas Berbasis Internet Of Things,†J. Teknik Informatika fakultas teknik Universitas Islam Madura, Vol. 9, No. 2, November 2019, pp. 1-6.

T. Darmanto, H. Krisma, “Implementasi Teknologi IOT Untuk Pengontrolan Peralatan Elektronik Rumah Tangga Berbasis Android,†J. Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), Vol. 4, No. 1, Juni 2019, pp. 1-12.

A. Satriadi, Wahyudi, and Y. Christiyono , “PERANCANGAN HOME AUTOMATION BERBASIS NodeMCU, †J. TRANSIENT, Vol. 8, No. 1, Maret 2019, pp. 64-71.

R. Saputra, A. Widjayanto, “ANALISIS PERBANDINGAN KEKUATAN TARIK CONNECTING ROD ASLI DENGAN IMITASI PADA SEPEDA MOTOR Rudi Saputra1 , Arie,†J. BINA TEKNIKA, Vol. 15, No. 1, Juni 2019, pp. 13-23.

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-01

URN