Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Customer Loyal Pada PT.Telkom Tanjung Balai Menggunakan Metode MOORA (Multi Objective Optimazation On The Basis Of Ratio Analisis)

Authors

  • Rizka Aulina STMIK Triguna Dharma
  • PujiSariRamadhan P STMIK Triguna Dharma
  • MilfaYetri MY STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.2477

Abstract

Salah satu kegiatan pemasaran yang paling penting dilakukan oleh para pengusaha dalam mempertahankan kelangsungan hidup, berkembang, maupun untuk bersaing serta mendapatkan laba. Berhasil atau tidaknya suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatannya dapat dilihat dari perkembangan volume penjualan atas produk yang dijualnya. Perusahaan berusaha menciptakan loyalitas pelanggan agar pelanggan tetap setia dengan produk yang telah digunakan selama ini. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan dampak positif bagi setiap konsumen. Konsumen yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan perusahaan pasti akan kembali untuk bertransaksi, sebaliknya konsumen yang merasa tidak puas akan meninggalkannya dan beralih pada perusahaan lain.Pada saat ini proses menentukan bonus pada pelanggan setia pada PT.Telkom Tanjung Balai masih dalam bentuk manual dan keputusan dari satu pihak saja sehingga proses yang dilakukan masih belum akurat. Sistem yang akan dibuat ini merupakan sistem pendukung keputusan dengan metode MOORA. Salah satu metode dalam Pendukung keputusan adalah dengan menggunakan Metode MOORA yang banyak diaplikasikan dalam beberapa bidang seperti manajemen, bangunan, kontraktor, desain jalan, dan ekonomi. Metode ini memiliki tingkat selektifitas yang baik dalam menentukan suatu alternatif. Yang dilakukan MOORA didefinisikan sebagai suatu proses secara bersama-sama guna mengoptimalkan dua atau lebih yang bertentangan pada beberapa hubungan. Kata Kunci: Sistem P endukung Keputusan , PT.Telkom Tanjung Balai, Metode MOORA

References

R. Oktaviana and H. Himawan, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik Pada TB. Bangun Jaya Menggunakan Metode Weighted Product (WP),†Univ. Dian Nuswantoro, pp. 1–9, 2015.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1967.

G. Gusrianty, D. Oktarina, and W. J. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Promethee Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Penjualan Sepeda Motor Bekas,†Sistemasi, vol. 8, no. 1, p. 62, 2019, doi: 10.32520/stmsi.v8i1.419.

M. K. Rini Asmara,S.Kom, “No Title肯定・å¦å®šè¡¨ç¾ã«ãŠã‘る日本語程度副詞ã«ã¤ã„ã¦,†Sist. Inf. Pengolah. Data Penanggulangan Bencana PAda Kant. PEnanggulangan Drh. KAbupaten Padang Pariaman, vol. 3, no. 1, p. 56, 2016, doi: https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666.

F. Andalia and E. B. Setiawan, “Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pencari Kerja Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Padang,†Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, pp. 93–97, 2015, doi: 10.34010/komputa.v4i2.2431.

S. P. Siagan, “Konsep Pengambilan Keputusan,†Akhmad Sudrajat, pp. 55–56, 2007.

H. Anwar, “Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah,†Nadwa, vol. 8, no. 1, p. 37, 2014, doi: 10.21580/nw.2014.8.1.569.

H. Rohayani, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy,†J. Sist. Inf., vol. 5, no. Analisis Sistem Pendukung Keputusan, pp. 530–539, 2013.

E. Riani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Pada PT Bank Jateng Semarang Menggunakan Metode Analithical Hierarchi Process (AHP).â€

ARIF SUSANTO, “Penggunaan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) Untuk Seleksi Guru Tetap Yayasan Adhi Luhur Pada Smk Mahadhika 2 Jakarta,†Fakt. Exacta, vol. 7, no. 1, pp. 84–97, 2014.

L. Hermawan and A. Felicia, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Busana Sesuai Dengan Karakter Seseorang,†JuSiTik J. Sist. dan Teknol. Inf. Komun., vol. 1, no. 1, p. 33, 2017, doi: 10.32524/jusitik.v1i1.157.

“Loyalitas Konsumen,†علوم و صنایع غذایی ایران, vol. 11, no. 44, pp. 129–141, 2014.

N. R. Yanifa, D. Arifianto, and A. Nilogiri, “Implementasi Metode Moora (Multi – Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis) Pada Penerimaan Beasiswa Di Universitas Muhammadiyah Jember Berbasis Web,†Tek. Inform., 2010.

W. Aprianti and U. Maliha, “Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kelurahan Atau Desa Studi Kasus Pada Kecamatan Bati-Bati,†vol. 2, no. 2013, pp. 21–28, 2016.

yulanita cahya Chrystanti and I. ulli Wardati, “Sistem Pengolahan Data Simpan Pinjam khusus Perempuan (SPP) Pada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Mitra Usaha Mandiri Program Nasional Pemberdayan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Yulanita Cahya Chrystanti, Indah,†Joural Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 3, no. 1, p. 55, 2011.

N. E. Putri and S. Azpar, “Jurnal Edik Informatika Sistem Informasi Pengolahan Data Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Terpadu Amalia Syukra Padang Jurnal Edik Informatika,†Sist. Inf. Pengolah. Data Pendidik. Anak Usia Dini Terpadu Amalia Syukra Padang, pp. 203–212, 2016.

A. Nahlah*, “Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Ms Access pada Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang,†J. Sainsmat, vol. IV, no. 2, pp. 175–195, 2015.

Z. A. Hasibuan, “Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi,†Konsep, Tek. Dan Apl., no. Universitas Indonesia, p. 194, 2007.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN