Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Investasi Pengembangan Hotel Pada PT. DTIC Belawan Menggunakan Metode Moora (Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis)

Authors

  • Asido Rohana Sianipar
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.2470

Abstract

Danau Toba Internasional Cottage atau DTIC Belawan adalah Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis hotel, permasalahan yang sering dihadapi perusahaan dalam pengembangan hotel adalah biaya yang mahal,perizinan yang susah maka dari itu perusahaan memilih untuk investasi ke hotel-hotel yang sudah ada. Oleh karena itu diperlukan sistem pendukung keputusan berbasis komputer yang dipakai untuk membantu pengambilan keputusan untuk memilih hotel yang layak menjadi tempat DTIC Belawan berinvestasiSalah satu metode sistem pendukung keputusan yang di dapat gunakan adalah metode MOORA, dengan menggunakan hotel sebagai alternatif dan fasilitas sebagai kriteria pada sebuah aplikasi agar sistem mampu melakukan pemilihan hotel yang layak bagi DTIC Belawan melakukan investasiDengan adanya sistem pendukung keputusan tersebut, maka masalah Pada DTIC Belawan dapat teratasi sehingga dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses mempermudah dalam menentukan kelayakan investasi pengembangan hotel memberikan laporan yang dapat dicetak pada media kertas sebagai usulan bagi perusahaan.

References

Ashari, M., Arini., & Mintarsih, F. (Oktober 2017). Aplikasi Pemilihan Bibit Budidaya Ikan Air Tawar Dengan Metode Moora-Entropy. Sistem Informasi, 1(2) 64-66.

Kusrini. 2017. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. 2014 . Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Informatika Bandung

Hendrayudi. 2008. Dasar-Dasar Pemrograman Microsoft Visual Basic 2008. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Andi Lee, C. 2010. Microsoft Access 2010 For Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2019-09-30

URN