PENERAPAN DATA MINING STRATEGI PROMOSI PENDIDIKAN PADA BRITISH LEARNING CENTRE MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

Authors

  • diana monica
  • marsono m
  • azanuddin a

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.2463

Abstract

Pengelompokkan strategi promosi ini bertujuan untuk mengarahkan siswa agar dapat mengembangkan bahasa inggris dimiliki oleh siswa. Maka diperlukan strategi pemasaran yang baik untuk mendorong ketertarikan siswa mengikuti bimbingan belajar dan menghadapi persaingan dalam bidang pelatihan komprehensif Bahasa Inggris dari kursus Bahasa inggris umum sampai dengan persiapan IELTS untuk kelas privat atau perusahaan.Berdasarkan hal tersebut penerapan strategi promosi dapat diterapkan menggunakan konsep keilmuan Data Mining.Penerapan Data Mining telah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya pada [1] yang mengunakan Data Mining untuk strategi promosi. Selanjutnya algoritma yang akan digunakan untuk pengelolaan Data Mining pada kasus mengelompokkan strategi promosi  yang layak dalam mempromosikan adalah K-Means Clustering.Algoritma K-Means Clustering  bertujuan untuk membuat cluster objek berdasarkan atribut menjadi partisi. Cara kerja metode ini adalah mula-mula ditentukan cluster  yang akan dibentuk, pada elemen pertama pada tiap cluster dapat dipilih untuk dijadikan sebagai titik tengah (centroid), selanjutnya akan dilakukan pengulangan langkah-langkah hingga tidak ada objek yang dapat dipindahkan lagi.

References

M. Benri, H. Metisen and S. Latipa, "ANALISIS CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS DALAM PENGELOMPOKKAN PENJUALAN PRODUK PADA SWALAYAN FADHILA," 2015.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192.

S. Jaya, C. Anwar, H. Hermawan, U. Pembangunan Jaya, T. Selatan Jl Cendrawasih No, S. Baru and K. Tangerang Selatan, "SISTEM PEMILIHAN PROGRAM STUDI BERDASARKAN BAKAT, MINAT DAN KECERDASAN CALON MAHASISWA BERBASIS ONLINE", 2017.

Downloads

Published

2019-03-02

URN