IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IoT) MONITORING DAN PENGATUR SUHU RUANGAN FERMENTASI TEMPE BERBASIS NODEMCU

Authors

  • Aldho Muzakki Andoko STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha J STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub S STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.2460

Abstract

Salah satu makanan tradisional Indonesia yang mempunyai kandungan gizi sangat baik adalah tempe. Tempe dibuat dengan bahan utama yaitu biji kedelai serta beberapa bahan lain yang menunjang proses fermentasi seperti beberapa jenis kapang Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Tempe selalu dijadikan menu utama oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. empe merupakan makanan yang mudah mengalami kegagalan produksi akibat proses produksi yang kurang memenuhi syarat[3]. Proses pembuatan tempe pada dasarnya adalah proses menumbuhkan spora jamur tempe, yaitu Rhizopus sp. pada biji kedelai. Jamur tempe ini dapat tumbuh dengan dilakukannya pemberian ragi tempe kemudian dilanjutkan proses fermentasi pada suhu 20°Celcius sampai dengan 37 °Celcius dengan durasi simpan selama 18 –36 jam.Internet Of things (IoT) adalah suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya. Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing†di dunia teknologi informasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan teknologi tersebut. Dengan Internet of Things (IoT) akan lebih mempermudah kegiatan manusia dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Semua kegiatan dapat dilakukan dengan sangat praktis dan disatu sisi adanya sistem kontrol karena perangkat yang terhubung menyebabkan kehidupan akan lebih efektif dan efisien.Maka dirasa perlu untuk membuat sebuah sistem perangkap ikan dapat mengatur dan memonitroing suhu ruangan fermetasi tempe dengan emnggunakan sensor suhu  DHT11. Sistem yang dibuat diharapkan dapat mengatur suhu menggunakan kipas dan lampu yang dapat menyesuaikan suhu ruangan. Sistem yang dibangun nantinya akan dikendalikan dengan pengendali utama berupa board nodemcu yang dapat terkoneksi dengan internet.

References

Sigit Haryono,. DESAIN ALAT SISTEM KONTROL SUHU DAN KELEMBABAN UNTUK OPTIMASI PROSES PEMBUATAN TEMPE PADA SKALA INDUSTRI RUMAH TANGGA Jurrnal Administrasi Bisnis Vol.7, No.1.

Abi Jam’an Kurnia S.H. Sistem Kendali Suhu dan Kelembaban pada Proses Fermentasi Tempe. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 8 (4) 2019.

Meidia Refiyann dkk. RANCANGAN INDIKATOR TEMPERATUR PADA PROSES FERMENTASI KACANG TANAH (TEMPE). .Jurnal Teknik Sipil Univ. Teuku Umar, Vol.2 No.2 2016.

Arby Surya Laksono, Marniza, Yessy Rosalina. KARAKTERISTIK MUTU TEMPE KEDELAI LOKAL VARIETAS ANJASMORO DENGAN VARIASI LAMA PEREBUSAN DAN PENGGUNAAN JENIS PENGEMAS. Jurnal Agroindustri Vol. 9 No. 1, Mei 2019.

Karnila Puspita Sari, FORTIFIKASI TEMPE BERBAHAN DASAR KEDELAI DAN BIJI NANGKA. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol. 2 (2016).

Asep Nurhuda1) , Bartolomius Harpad2) , dan Muhammad Sirajul Amin Mubarak3. KENDALI LAMPU MENGGUNAKAN PERINTAH SUARA BERBASIS NODE MCU. Jurnal SEBATIK Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma

Arafat, S.Kom, M.Kom. SISTEM PENGAMANAN PINTU RUMAH BERBASIS Internet Of Things (IoT) Dengan ESP8266. Jurnal Technologia†Vol 7, No.4, Oktober – Desember 2016.

Asep Syaifuddin¹, Didik Notosudjono², Dimas Bangun Fiddiansyah3. RANCANG BANGUN MINIATUR PENGAMAN PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN SIDIK JARI BERBASIS INTERNET of THINGS (IoT). Jurnal Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik-Universitas Pakuan

Joko Christian, Nurul Komar, Prototipe Sistem Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Menggunakan Sensor Gas MQ2, Board Arduino Duemilanove, Buzzer, dan Arduino GSM Shield pada PT. Alfa Retailindo ( Carrefour Pasar Minggu ). Jurnal TICOM Vol.2, No.1, 2013

Steven Jendri Sokop dkk. Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer vol.5 no.3 (2016). [9] Ajar Rohmanu & David Widiyanto. SISTEM SENSOR JARAK AMAN PADA MOBIL BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO ATMEGA328 Jurnal Informatika SIMANTIK Vol.3, No.1 2018

Downloads

Additional Files

Published

2019-04-25

Issue

Section

Articles

URN