IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK SISTEM KEAMANAN RUMAH MENGGUNAKAN KAMERA BERBASIS NODEMCU

Authors

  • Eduard Limbong STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.2455

Abstract

Masalah keamanan dapat terjadi di mana saja dan dalam berbagai hal, salah satunya dapat terjadi pada rumah. Sistem keamanan pada rumah menjadi hal yang harus diperhatikan mengingat maraknya pembobolan dan pencurian yang mengakibatkan kerugian pada pemilik rumah. Sehingga diperlukan suatu sistem keamanan rumah yang lebih aman, tidak hanya mengandalkan kunci konvensional saja namun perlu adanya sistem keamanan berlapis yang dapat meminimalisir pencurian di dalam rumah.Pada penelitian ini dibuat prototipe perangkat sistem IoT untuk sistem keamanan rumah menggunakan kamera berbasis nodeMCU . Penelitian ini memanfaatkan kamera esp32 mikrokotroler yang mengatur prosedur perangkat sistem, IP Camera digunakan untuk pemantauan rumah melalui jaringan internet, buzzer yang berfungsi sebagai output jika ada indikasi mencurigai untuk alarm.Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur dan melakukan eksplorasi terhadap teknologi – teknologi yang digunakan. Selanjutnya dilakukan tahapan mendefinisikan kebutuhan, analisis, perancangan, dan implementasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah suatu prototipe perangkat sistem keamanan rumah yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang dapat bekerja secara otomatis. Selain itu pemilik rumah juga dapat melakukan pengontrolan terhadap alarm secara jarak jauh, dan melakukan pemantauan di dalam rumah melalui jaringan internet.

References

S. P. Tamba, A. H. M. Nasution, S. Indriani, N. Fadhilah, and C. Arifin, “Pengontrolan Lampu Jarak Jauh Dengan Nodemcu Menggunakan Blynk,†J. Tek. Inf. dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 93–98, 2019.

Y. Efendi, “Internet Of Things (Iot) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile,†J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, pp. 19–26, 2018.

L. A. Putra and A. R. Hakim, “Sistem Kendali Lampu Cerdas Pada Smarthome Berbasis Android mengunakan Metode Fuzzy Logic Control,†CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 10, no. 1, p. 9, 2018.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN