Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Pembuatan Serfitikat Tanah Pada Kantor Notaris BPN Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Albert Adi Saputra STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.2433

Abstract

Pendaftaran atas bidang tanah dilakukan agar mendapatkan kepastian hukum bagi pemegang hak atas tanah maupun pihak lain yang berkepentingan dengan tanah. Masih banyak keluhan masyarakat terus mewarnai penyelenggaraan pelayanan di bidang pertanahan. Sebagai contoh mengenai Standar Prosedur Operasi Pengaturan dan Pelayanan Pertanahan (SPOPP) Permasalahan batas tanah atau yangbiasa disebut tanda batas kepemilikan tanah juga merupakan permasalahan di Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN). Misalnya dengan menggeser patok atau batas tanah yang telah ada. Hal ini tentunya akan menjadi konflik antara pemilik tanah dengan pihak yang berusaha mengambil hak tanah.  Salah satu bentuk penyelesaian kelayakan permohonan pembuatan sertifikat tanah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sistem pendukung keputusan. Adapun solusi terhadap permasalahan tersebut diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan kelayakan pembuatan sertifikat tanah. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah diatas adalah Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) yaitu dengan cara memberikan bobot pada tiap-tiap alternatif pilihan yang ada. Sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu perusahaan dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar.

References

Jenni Veronika Br Ginting, "Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan e-Commerce Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW," Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 225, Jan. 2020.

Chandra Lukita, Chairun Nas, and Wanda Ilham, “Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Menggunakan Metode Perbandingan WASPAS dan MOORA,†Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 2019.

Adri Priadana, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Deleted Domain Dengan Metode AHP Dan SAW," Jurnal TEKNOMATIKA, vol. 10, no. 2, Jan. 2018.

Adi Widarma, Hana Kumala, Jl Jend Ahmad, Yani Kisaran, and Sumatera Utara, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pengguna Listrik Subsidi Dan Nonsubsidi Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus : PT. PLN Tanjung Balai)," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, 2018.

ANDREW KURNIAWAN VADREAS, RIFA TURAINA, and SEPTA ARDIANSYAH, "SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN (SPK) BANTUAN DANA PEMBANGUNAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RTLH) DENGAN METODE MULTI FACTOR EVOLUATION PROCESS (MFEP)," JURNAL TEKNOIF, vol. 6, no. 1, pp. 18-23, Apr. 2018.

Dwindy Astuty Ridwan, Baharuddin Rahman, Stmik Catur Sakti Kendari, and Jln Abdullah, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN RASKIN (BERAS MISKIN) PADA KECAMATAN KENDARI BARAT MENGGUNAKAN METODE ANALYTHICAL HIERARCHI PROCESS (AHP)," vol. 4, no. 1, 2019.

Famylia Puspa Rani, Dyna Marisa Khairina, and Heliza Rahmania Hatta, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PRAMUKA PANDEGA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS," vol. 6, no. 2, pp. 155-162, 2019.

Laili Cahyani, Muchamad Arif, and Fitria Ningsih, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE MOORA (STUDI KASUS FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA)," 2019.

Downloads

Published

2022-07-21

URN