Implementasi Internet Of Things (Iot) Untuk Mendeteksi Keberadaan Karyawan Perusahaan Berbasis Nodemcu

Authors

  • hary marpaung STMIK Triguna Dharma
  • Ishak I STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v5i2.2429

Abstract

Karyawan merupakan salah satu SDM yang berada di Perusahaan. Kinerja karyawan di Perusahaan mempunyai peran penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Karyawan harus benar-benar kompeten dibidangnya dan karyawan juga harus mampu mengabdi secara optimal. Kinerja seseorang yang baik dapat dipengaruhi oleh motivasi kerja dan disiplin kerja.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  dalam pembuatan sistem mendeteksi karyawan menggunakan bantuan alat nodeMCU ESP8266 untuk komunikasi secara online IoT dan LCD sebagai penampil informasi secara offline. Pada sistem ini digunakan sensor PIR untuk membaca data suhu manusia. Dalam memperoleh hasil hasil penelitian ini terdapat teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, korelasi ganda, dan koefisien determinasi, dan uji hipotesisBerdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan alat dapat menginformasikan keberadaan karyawan secara online.

References

M. Muliadi, I. Budiman, M. A. Pratama, and A. Sofyan, “Fuzzy Dan Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Cabai,†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 4, no. 2, p. 209, 2017.

K. Y.-D. Yl-, T. Elektro, U. Sam, R. Manado, and J. K. B. Manado, “Rancang Bangun Penyiram Tanaman Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Kelembaban YL-39 Dan YL-69,†vol. 7, no. 3, 2018.

U. J. Shobrina, R. Primananda, and R. Maulana, “Analisis Kinerja Pengiriman Data Modul Transceiver NRF24l01, Xbee dan Wifi ESP8266 Pada Wireless Sensor Network,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 4, pp. 1510–1517, 2018.

D. Chrislia, “Analisis Zat Pewarna Rhodamin B Pada Saus Cabai Yang Beredar Di Kampus Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang,†Biota, vol. 3, no. 1, p. 38, 2017.

Downloads

Published

2023-10-30

URN