SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PRIORITAS UTAMA PENGADAAN ALAT KESEHATAN PADA PUSKESMAS GALANG KEC.GALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE WASPAS

Authors

  • Junanda Mirano STMK Triguna Dharma
  • Hafizah H STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.2425

Abstract

Puskesmas Galang merupakan puskesmas rawat inap yang berada di kabupaten Deli Serdang. Pelayanan Puskesmas Galang berperan penting bagi masyarakat untuk melayani segala suatu tentang kesehatan tingkat pertama. Puskesmas Galang mengalami kesulitan dalam memilih prioritas utama pengadaan alat kesehatan yang ada di Puskesmas Galang sehingga alat kesehatan tidak berjalan dengan kondusif.Hal tersebut perlu diperhatikan dengan mengadopsi pendekatan metode. Penelitian ini menggunakan metode WASPAS sebagai solusi pemecahan masalah. Metode ini memiliki karakteristik pemecahan masalah yang sederhana di dalam mencari keputusan terhadap masalah yang dibahas.Hasil penelitian ini adalah; Pertama, Puskesmas dapat menganalisa dalam menentukan prioritas utama pengadaan alat kesehatan dengan menggunakan metode Waspas. Kedua, Puskesmas dapat merancang dalam menentukan prioritas utama pengadaan alat kesehatan dengan menggunakan metode Waspas. Ketiga, Puskesmas dapat menggunakan sistem yang dibangun dalam menentukan prioritas utama pengadaan alat kesehatan dengan menggunakan metode Waspas. Keempat Puskesmas dapat menerapkan sistem yang digunakan dalam menentukan prioritas utama pengadaan alat kesehatan dengan menggunakan metode Waspas

References

Yusliati, Y., Dupai, L., & Lisnawaty, L. "Gambaran Perencanaan Pengadaan Alat Kesehatan Di Puskesmas Siompu Kabupaten Buton Selatan Tahun 2015". vol.1, no. 2, 2016.

Barus, S., Sitorus, V. M., Napitupulu, D., Mesran, M., & Supiyandi, S. "Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)". vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018.

Marsono, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Barang NG ( Not Good ) di PT . Sagami Indonesia Dengan Menggunakan Metode FAM ,†vol. 2, no. 2, pp. 71–80, 2019..

M. Sianturi, J. Tarigan, N. P. Rizanti, and A. D. Cahyadi, “Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan Terbaik Pada Kuliah Menerapkan Metode WASPAS,†Sensasi, vol. 10, no. 20, pp. 160–164, 2018.

Downloads

Published

2019-11-26

URN