Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi Pra Wedding Pada Makhend Photo Studio Menggunakan Metode Additive Ratio Assesment (ARAS)

Authors

  • yogi mamanda STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Puji Sari Ramadhan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Suardi Yakub STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.2424

Abstract

Selama ini masyarakat atau calon pengguna jasa foto pre wedding untuk memilih lokasi foto berdasarkan saran dari teman saja yang akan menjadi pilihannya dan tidak memiliki kriteria-kriteria khusus dalam menentukan pilihannya. Seperti angle view, jarak lokasi foto, jumlah spot area, perfect spot dan lain-lain. Hal ini lah yang menjadi salah satu hal yang menimbulkan berbagai masalah yang dalam menggunakan jasa foto pre wedding. Mengetahui proses pemilihan lokasi pre wedding terbaik yang masih mengalami kendala pada proses hasil pengambilan keputusan kepada calon pengantin yang ingin melakukan sesi foto pre wedding. Pemilihan tempat Pre wedding sangatlah penting dilakukan karena menentukan hasil bagus atau tidaknya hasil akhir dari foto pre wedding tersebut. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang handal, yaitu dengan menggunakan metode ARAS. Dengan adanya sistem pendukung keputusan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang akan dibuat. Pemilihan lokasi pre wedding biasanya berdasarkan berbagai macam kriteria tidak hanya melihat dari segi finansial saja akan tetapi dari berbagai kriteria lain yang sangat berpengaruh dalam proses pemilihan dan lain-lain. Jika saja lokasi yang akan dipilih sudah sesuai dengan keinginan, maka sudah tentu penilaian lokasi tersebut akan menjadi pendukung keputusan yang baik. Hasil dari penerepan metode ARAS ini dapat menghasilkan urutan alternatif pemilihan lokasi yang tepat bagi pihak photo studio dalam memilih lokasi pre wedding yang tepat dan terbaik dengan berbagai macam kriteria.

References

Anas, â€Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Desa Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, vol. 4, no.1, 2019.

Abdul Halim Hasugian and Hendra Cipta, "Analisa Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)," ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, p. 1, 2018.

Adi Widarma, Hana Kumala, Jl Jend Ahmad, Yani Kisaran, and Sumatera Utara, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pengguna Listrik Subsidi Dan Nonsubsidi Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus : PT. PLN Tanjung Balai)," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, 2018.

Hery Syahputra, dkk, “SPK Pemiihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Jurnal SAINTEKS, 2019.

Liza Handayani, Muhammad Syahrizal, and Kennedi Tampubolon, "Pemilihan Kepling Teladan Menerapkan Metode Rank Order Centroid (Roc) Dan Metode Additive Ratio Assessment (Aras) Di Kecamatan Medan Area," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, Okt. 2019.

Siti Aisyah, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode SAW Pada Perusahaan Leasing,†Jurnal TEKNOVASI, vol. 6. no. 1, 2019

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN