Penerapan Data Mining Untuk Menganalisa Pola Pembelian Konsumen Pada Sayuran Menggunakan Algoritma FP-Growth ( Studi Kasus Ruko Sayur Kita)

Authors

  • Vickyrafael Zebua STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Suharsil S STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.2410

Abstract

Ruko Sayur Kita merupakan salah satu toko yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Ruko Sayur Kita juga menjual produk jenis sayur-sayuran segar seperti  sayur manis, kol, tomat, bayam, dan lain-lain. Selama ini Ruko Sayur Kita, belum memiliki metode tertentu dalam pengadaan persediaan barang. Persediaan barang biasanya hanya dilakukan berdasarkan data historis saja. Hal inilah yang menyebabkan adanya kelebihan dan kekurangan persediaan sayuran Selain itu, dibutuhkannya penanganan khusus ketika menyimpan barang tersebut agar menghambat pembusukan. Beberapa solusi yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan aplikasi data mining. Algoritma yang digunakan pada data mining ini adalah Algoritma FP-Growth. Data yang diolah berupa data sampel transaksi pembelian dalam satu bulan yaitu pada bulan Desember 2019.Dengan berhasil dibangunnya data mining untuk menganalisa pola pembelian konsumen di Ruko Sayur Kita sangat terbantu dalam melihat produk mana yang paling diminati sehingga dapat  meningkatkan pendapatan

References

N. Mayasari, D. Y. Niska, and E. R. Samosir, “Implementasi Data Mining untuk Memprediksi Itemset Promosi Penjualan Pada CV. Sumber Segar Utama,†J. Tek. Dan Inform. Vol. 6 | Nomor 1 | Januari 2019, vol. 6, pp. 31–36, 2019.

L. I. Prahartiwi, “Pencarian Frequent Itemset pada Analisis Keranjang Belanja Menggunakan Algoritma FP-Growth,†Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2017.

R. Pandapotan, S. Ringo, and M. Panjaitan, “PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISA POLA PERMINTAAN PEMASANGAN CCTV DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS STUDY KASUS CV . MITRA JAYA PERKASA,†vol. 3, pp. 446–453, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1627.

F. Rahmawati and N. Merlina, “Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori,†PIKSEL Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Log., vol. 6, no. 1, pp. 9–20, 2018, doi: 10.33558/piksel.v6i1.1390.

H. Herasmus, “Analisa Customer Service System Menggunakan Metode Data Mining Dengan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus Di Pt Batamindo Investment Cakrawala),†J. Tek. Ibnu Sina, vol. 2, no. 2, pp. 31–43, 2017, doi: 10.36352/jt-ibsi.v2i2.57.

M. Fauzy, K. R. Saleh W, and I. Asror, “Penerapan Metode Association Rule Menggunakan,†J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. II, no. 2, pp. 221–227, 2016, doi: 2407-3911.

Downloads

Published

2022-08-01

URN