Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Bisnis Pengembangan Usaha Isi Ulang Minyak Wangi Pada Toko Fortuna Parfum Menggunakan Metode HYBRID (AHP dan SAW)

Authors

  • eka syahputri STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Hendra Jaya J STMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya J STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayuda J STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayuda J STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.2397

Abstract

Studi Kelayakan adalah suatu studi atau pengkajian apakah suatu usulan proyek/gagasan usaha apabila dilaksanakan dapat berjalan dan berkembang sesuai dengan tujuannya atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan merancang suatu sistem pendukung keputusan yang dapat mempermudah pengambilan keputusan terhadap permasalahan dalam menentukan  kelayakan toko fortuna parfum. Kelayakan artinya analisis yang dilakukan secara mendalam tersebut akan menghasilkan kesimpulan yang menentukan apakah usaha yang akan atau sedang dijalankan akan memberi manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Dengan kata lain, layak mempunyai pengertian signifikan secara finansial dan non-finansial sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yang dapat dinikmati oleh tidak hanya bagi perusahaan yang menjalankan namun juga bagi investor, kreditur, pemerintah dan masyarakat luas. pemasalahan yang dihadapi adalah untuk menentukan kelayakan dalam penyeleksian antara dua toko, toko karya jaya dan toko karya wisata. Oleh sebab itu sistem pendukung keputusan hadir untuk memberikan solusi. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan kelayakan toko fortuna parfum . Metodologi yang digunakan adalah menggunakan metode hybrid ( metode AHP dan SAW ). Metode yang sederhana dengan perhitungan perhitungan, perkalian berdasarkan kriteria-kriteria untuk menentukan tingkat keputusan yang layak dari toko fortuna parfum. Sehingga kasus permasalahan terstruktur dan tidak terstruktur dapat diatasi dengan metode ini.

References

A. Andika and F. Susanti, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Di Azzwars Parfum Lubeg Padang,†Sekol. tinggi ilmu Ekon. KBP padang, vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2015, [Online]. Available: https://osf.io/preprints/inarxiv/upgc3/.

M. Manajemen, F. Ekonomi, U. D. Nuswantoro, J. Nakula, and I. N. Semarang, “KONSUMEN DENGAN PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI,†2012.

J. Manajemen, S. Informasi, N. Y. Fitri, P. Studi, and M. Sistem, “Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Smk Yadika Jambi,†Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 318–326, 2017.

A. Khadir, “Sistem Pendukung Keputusan,†Sist. Pendukung Keputusan, vol. MESRAN., R, pp. 1–3, 2014.

H. Sukmawati and F. Z. Nasution, “Analisis Kelayakan Bisnis pada Usaha,†vol. 4, no. 1, pp. 38–48, 2019.

U. Pala and D. Wilayah, “Analisis Kelayakan Bisnis Komoditi Unggulan Pala Di Wilayah KAPET Seram,†vol. 3, no. 1, pp. 119–128.

M. KASMIR, S.E. and M. JAKFAR, S.E., Tujuan Kelayakan Bisnis. 2003.

T. Dwiwinarno, A. Kusnadi, and E. Andari, “Studi Kelayakan Bisnis Air Minum Dalam Kemasan Pdam Kabupaten Kulonprogo,†Ef. J. Bisnis dan Ekon., vol. 2, no. 2, pp. 124–135, 2011, [Online]. Available: http://jurnalefektif.janabadra.ac.id/wp-content/uploads/2015/11/Efektif-Des-2011_3.pdf.

S. Eniyati and R. Santi, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Prestasi Dosen Berdasarkan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,†None, vol. 15, no. 2, p. 242881, 2010.

J. Manajemen, S. Informasi, N. Y. Fitri, P. Studi, and M. Sistem, “Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Smk Yadika Jambi,†Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 318–326, 2017.

A. Sidik, L. Sakuroh, and D. Pratiwi, “Perancangan Sistem Infomasi Filling di PT BCA Cabang MH Thamrin Tangerang,†vol. 7, no. 2, pp. 81–86, 2017.

S. T. Faulina and S. T. Faulina, “SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PETUGAS SHOLAT 5 WAKTU DAN JUM ’ AT PADA MASJID JAMI ’ HUJJATUL ISLAM BERBASIS WEB MOBILE Program Studi

Nasril and Adri Yanto Saputra, “Rancang bangun sistem informasi ujian online,†J. Lentera Ict, vol. 3, no. 1, pp. 47–53, 2016, [Online]. Available: https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrict/article/viewFile/24/14.

D. Mahdiana, “Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek: Studi Kasus PT. Liga Indonesia,†J. Telemat., vol. 3, no. 2, pp. 36–43, 2016.

A. S. Diding Kusnady, S.Pd, MM, “Sistem Informasi Biaya Pendidikan ( BPP ) pada Politeknik Ganesha Medan Berbasis Web,†J. Insitusi Politek. Ganesha Medan, vol. 1, no. 1, pp. 9–13, 2018.

H. Irawan, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kesiswaan pada SMP Negeri 4 Muntok dengan Berorientasi Objek,†J. Sifom, 2014.

S. Pengajar et al., “APLIKASI MICROSOFT OFFICE ACCESS 2007 DALAM PERHITUNGAN CBR DESAIN UNTUK DESAIN PERKERASAN JALAN LENTUR DAN KAKU Ruspiansyah (1)

Adelia and J. Setiawan, “Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) pada Sistem Reservasi Hotel berbasisi Website dan Desktop,†Bandung, Univ. Kristen Maranatha, vol. 6, no. 2, pp. 113–126, 2011.

Y. Yanuar and Nurhapipah, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN WATCHES MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC . NET DI PT . GILANG AGUNG PERSADA GUESS BOUTIQUE TSM BANDUNG Politeknik Piksi Ganesha Bandung,†pp. 65–72.

N. Patawaran, “Sistem Informasi Pendataan Penduduk Pada Kampung Onggari Distrik Malind Kabupaten Merauke,†Musamus J. Res. Inf. Commun. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 48–55, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2019-02-25

URN