Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Inap Terpadu –B Lantai 3 Pada RUSP H.Adam Malik Medan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory (FAM)

Authors

  • Arbaiyah A STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Suharsil S STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.2390

Abstract

Rumah sakit merupakan suatu organisasi yang tujuan utamanya memberikan pelayanan jasa dalam bentuk pemeriksaan, pengobatan, tindakan medis dan tindakan diagnostik lainnya yang dibutuhkan oleh setiap pasien dalan batas kemamnpuan teknologi dan saran yang disediakan oleh rumah sakit tersebut. Selain itu rumah sakit juga menyediakan jasa konsultan yang memberikan informasi dan saran kepada pasien. Agar efektivitas pelayanan dapat tercapai, rumah sakit berupaya untuk meningkatkan berbagai fasilitas pelayanan.Mutu pelayaan rumah sakit mempunyai dua komponen, yaitu pemenuhan terhadaap standrat mutu yang telah ditetapkan dan pemenuhan akan kepuasan pelanggan. Rumah sakit harus memberikan pelayaan yang berfokus pada kepuasan pelanggan. Perbaikan kualitas jasa pelayanan kesehatan dapat dimulai dengan mengevaluasi setiap unsur-unsur yang berperan dalam membentuk kepuasan pasien.Penerapan pengukuran terhadap evakuasi dari pelayaan pasien pada setiap rumah sakit sangat dibutuhkan sebagai evaluasi kepuasan (satisfaction evaluations). Sistem fuzzy memiliki kedekatan penalaran manusia sehingga solusi yang diperoleh mudah diterapkan dan dipahami. Dengan memnfaatkan sistem pendukung keputusan dengan metode fuzzy, maka dapat digunakan sebagai evaluasi dari persepsi keluhan masing-masing konsumen untuk mengukur tingkat kepuasan pasien.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN