Implementasi Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Anthracnose pada Tanaman Kelapa Sawit Menggunakan Metode Algoritma Nearest Neighbor

Authors

  • Raja Khoiruddin STMIK Triguna Dharma
  • zunaidi z Stmik Triguna Dharma
  • tugiono t STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.2378

Abstract

Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman yangmemiliki daya tarik tersendiri di masyarakat. Penanaman suatu komoditaspertanian secara luasdan monokultur sangat berpeluang terserangnyapenyakit pada tanaman kelapa sawit. Salah satu penyakit yang sering menyerang tanaman kelapa sawit adalah penyakit Anthracnose. Penyakit Anthracnose sendiri sebenarnya merupakan sekumpulan nama penyakit atau infeksi pada daun bibit-bibit muda.Untuk mengatasi masalah tersebutdibutuhkan suatu informasi yang akurat untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut, salah satu informasi yang dapat dilakukan adalah dengan membangun aplikasi berbasis komputerisasi seperti sistem pakar. Dalam klasifikasi identifikasi terdapat beberapa metode, yaitu salah satunya metode nearest neighbor. Nearest neighbor adalah pendekatan untuk mencari kasus dengan menghitung kedekatan antara kasus baru dengan kasus lama.Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapatmembantu para pengguna, khususnya petani dalammengidentifikasi penyakit anthracnose pada tanaman kelapa sawit. Sehinggadiharapkan dapat mengurangi angka kematian bibit kelapa sawit dan juga dapat meningkatkan produksi kelapa sawit.

References

"279905-sistem-pendukung-keputusan-penentuan-dae-fdf0a68d".

"UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA,".

"292212-sistem-pakar-diagnosa-penyakit-pada-hewa-5cbe8c6c".

Chairani Hanum, Jasmani Ginting Syukri Habibi Nasution, "PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) PADA BERBAGAI," Jurnal Online Agroekoteknologi, vol. II, no. 2, pp. 691-701, Maret 2014.

Ali Khumaidi, "Penerapan Case Based Reasoning dan Algortima Nearest Neighbor untuk Penentuan Lokasi Waralaba," 979-587-626-0, 2016.

Downloads

Published

2022-07-21

URN