SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN BAWANG MERAH AKIBAT PERUBAHAN IKLIM DAN CUACA MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Authors

  • Trio Ramadhana STMik Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nurgoho STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.2373

Abstract

Bawang (Allium)merupakan salah satu dari sekian banyak sayuran dataran rendah, yang sudah sejak lama diusahakan oleh petani secara intensif untuk menjadi sayuran yang berkualitas. Penyakit pada tanaman bawang merah akibat perubahan iklim dan cuaca memiliki beberapa jenis penyakit yaitu penyakit bercak ungu, Antraknose (Colletorichum gloesporioiodes), Embun Bulu, Mozaik atau moler dan pada umumnya penyakit yang sering muncul pada tanaman bawang merah di Humbang Hasundutan adalah penyakit bercak ungu (Alternaria porri). Hama dan penyakit pada tanaman bawang merah sangat perlu diketahui dan diwaspadai oleh petani untuk meminimalisir dampak kerusakan pada tanaman bawang merah.Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan diagnose penyakit pada tanaman bawang merah, dengan sebuah aplikasi sistem pakar menggunakan metode teoerma bayes. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis dekstop dengan menerapkan metode teoerma bayes dimana nilai kesimpulan akhir dijadikan informasi untuk untuk jenis penyakit pada tanaman bawang merah berdasarkan gejala – gejla yang telah dialami . Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan mendiagnosa penyakit pada tanaman bawang merah secara sistematis, sehingga dapat dilakukan penanganan ataupun pencegahan yang tepat sesaui dengan hasil dari diagnosanya.

References

D. Deden and U. Umiyati, “Pengaruh Inokulasi Trichoderma sp dan Varietas Bawang Merah Terhadap Penyakit Moler dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L).,†Kultivasi, vol. 16, no. 2, pp. 340–348, 2017, doi: 10.24198/kultivasi.v16i2.12213.

R. M. Gozzal and D. Indarti, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Balita dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android Reynaldo,†J. Ilm. Inform. Komput. Univ. Gunadarma, vol. 22, no. 3, pp. 180–190, 2017.

A. Nugroho and R. Wardoyo, “Sistem Pakar Menggunakan Teorema Bayes untuk Mendiagnosa Penyakit Kehamilan,†Bimipa, vol. 23, no. 3, pp. 247–254, 2013.

Downloads

Published

2022-08-02

URN