SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUSKESMAS DESA UJUNG SERDANG MENGGUNAKAN METODE WEIGHT ANGGREGATE SUM PRODUCT ASSESMENT (WASPAS)

Authors

  • Sartika Juliati Tarigan Stmik Triguna Dharma Medan
  • Yopi Hendro Syahputra
  • Moch Iswan Perangin-angin

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.2363

Abstract

Puskesmas  adalah  salah  satu  pelayanan  kesehatan  yang  bertanggung  jawab  dalam  pembangunan  kesehatan  disuatu  daerah  yang  bersifat  menyeluruh, terpadu  dan  merata  sehingga  dapat  diterima  dan  dijangkau  masyarakat. Namun terlihat  masih  banyak sekali  masyarakat  yang  berada  di  desa lebih memilih  memeriksakan  kesehatan keRumah Sakit lain dari pada KePuskesmas, Padahal jarak tempuhyang dilalui lebih dekat ke puskesmasdari pada ke Rumah sakit lain. Minimnya  tingkat  kepercayaan  masyarakat  terhadap  puskesmas.Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi sehingga dapat membantu pihak puskesmas dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga puskesmas Desa Ujung Serdang mendapatkan kepercayaan masyarakat kembali. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem yang dapat membantu seseorang atau pihak instansi dalam mengambil keputusan yang akurat ,efisien dan tepat sasaran. Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) merupakan  metode yang dapat mengurangi kesalahan – kesalahan atau mengoptimalkan dalam penafsiran  untuk pemilahan nilai tertinggi dan terendah.Hasil dari aplikasi ini adalah  untuk mempermudah menganalisa sejumlah data besar, berdasarkan kriteria –kriteria yang diinputkan atas alternative sebagai pengambil keputusan. Dari perancangan Aplikasi ini dapat membantu pihak Puskesmas Desa Ujung Serdang dalam meningkatkan pelayanan dan mendapatkan kepercayaan Masyarakat kembali.             Jika  masyarakat  puas  terhadap  pelayanan  kesehatan  yang  diproleh  dari  puskesmas  maka  tingkat  kepuasan  akan  tinggi  tetapi  jika  masyarakat  tidak  puas  terhadap  pelayanan  kesehatan  yang  diproleh  dari  puskesmas  maka  tingkat  kepuasan  akan  rendah.

References

A. H. Hasugian and H. Cipta, “Pengertian Sistem Pendukung Keputusan,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 14–30, 2018.

A. Irawan and E. F. Komara, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung,†J. Inspirasi Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 2, p. 123, 2017, doi: 10.33603/jibm.v1i2.690.

Ahmad Safitra, Insan Akbar Lubis, and Naisyara Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Games Untuk Remaja Menggunakan Metode WASPAS,†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., pp. 141–147, 2018.

D. Relasi Dokter et al., “KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUSKESMAS: KAJIAN KUALITATIF KULTUR MEDIS, STANDARISASI MUTU, KONSEP PUSKESMAS The Satisfaction Of Public Health Services: The Qualitative Study Of Medical Culture, Quality Standardization, Concept Of Public Health A,†pp. 72–89.

E. L. Ruskan, A. Ibrahim, and D. C. Hartini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),†J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 546–565, 2013.

F. Latif and aditya wirangga Pratama, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Elektronik,†J. Akuntansi,Ekonomi dan Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 21–31, 2015.

H. Nurdiyanto and H. Meilia, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah Di Lampung Tengah Menggunakan Analitical Hierarchy Process (Ahp),†Semnasteknomedia Online, vol. 4, no. 1, pp. 3-3–37, 2016.

I. Nasution, “Kinerja Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Medan Denai Kota Medan,†vol. 4, no. 2, pp. 152–161, 2016.

J. K. Masyarakat, “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017,†J. Kesehat. Masy., vol. 5, no. 4, pp. 33–42, 2017.

K. Kawano, Y. Umemura, and Y. Kano, “ Field Assessment and Inheritance of Cassava Resistance to Superelongation Disease 1 ,†Crop Sci., vol. 23, no. 2, pp. 201–205, 1983, doi: 10.2135/cropsci1983.0011183x002300020002x.

L. Yulianti, H. L. Sari, and H. Hayadi, “Sistem Pendukung Keputusan Peserta KB Teladan Di BKKBN Bengkulu Menggunakan Pemrograman Visual Basic 6.0,†Media Infotama, vol. 8, no. 2, pp. 36–54, 2012.

M. Handayani and N. Marpaung, “Implementasi Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (Waspas) Dalam Pemilihan Kepala Laboratorium,†Semin. Nas. R. 2018 ISSN 2622-9986 STMIK R. R. ISSN 2622-6510 , vol. 9986, no. September, pp. 253 – 258, 2018.

M. S. Dicky Nofriansyah, S.kom, M.Kom, Prof. Dr. H. Sarjon Defit, S.Kom, MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) Pada Sistem Pendukung Keputusan. Medan: deepublish, 2017.

N. H. Cahyana, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metoda Multi-Criteria Decision Making ( Mcdm),†Telematika, vol. 8, no. 2, 2015, doi: 10.31315/telematika.v8i2.454.

P. Bengkulu, “1 , 2 , 3,†vol. 9, no. 1, 2013.

R. Irviani and R. Oktaviana, “Aplikasi Perpustakaan Pada SMA N1 Kelumbayan Barat Menggunakan Visual Basic,†J. TAM ( Technol. Accept. Model ), vol. 8, no. 1, p. 64, 2017.

R. Ishak, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Teladan Dengan Metode Weighted Product,†Ilk. J. Ilm., vol. 8, no. 3, pp. 160–166, 2016, doi: 10.33096/ilkom.v8i3.74.160-166.

R. Nuraini, “Desain Algorithma Operasi Perkalian Matriks Menggunakan Metode Flowchart,†J. Tek. Komput. Amik Bsi, vol. 1, no. 1, p. 146, 2015.

S. Irmawati, “KECAMATAN TATANGA KOTA PALU,†pp. 188–197.

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.

Triana Elizabeth, Stephanie Darmawan, “Sistem Informasi Pemakaian Sparepart Mesin Packing pada PT. XYZ

W. Kuntoro and W. Istiono, “Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta,†J. Kesehat. Vokasional, vol. 2, no. 1, p. 140, 2017, doi: 10.22146/jkesvo.30327.

Y. Heriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car,†J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77, 2018.

Downloads

Published

2021-12-30

URN