MONITORING INFUS PASIEN MENGGUNAKAN SMARTPHONE DAN MIKROKONTROLLER PADA NURSE STASIUN DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Suci Herdila Sari Siregar STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahara STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.2335

Abstract

Obat-obatan yang paling utama adanya dirumah sakit. terutama infus, karna infus berfungsi sebagai mengganti kehilangan cairan atau zat-zat makanan dari tubuh. Pemakaina infus bersifat jangka panjang, ketika infus habis yang dipasang pada pasien, dan belum diganti maka pasien akan mengalami dehidrasi.Oleh karna itu, dibutuhkan alat untuk mendeteksi cairan infus yang akan habis pada pasien,agar perawat mengetahui infus habis dan langsung mengganti infus.  Alat untuk mendeteksi habis cairan infus photodioda, dan blutooth hc-05 sebagi penerima intruksi dari mikrokontroller Biasanya seorang perawat keliling disetiap kamar pasien memeriksa infus, apakah infusnya habis atau tidak, membuka dan menutup roller clamp pada bagian infus set sesuai dengan kebutuhan pasien. Sekarang perawat tidak perlu lagi memeriksa setiap kamar pasien untuk mencek habisnya infus, cukup dari smartphone nurse stasiun di rumah sakit informasinya akan datang melalui photodioda.

References

N. Muljodipo, S. R. U. A. Sompie, R. F. Robot, M. Eng, J. T. Elektro-ft, and E. Nuryantomuljodipogmailcom, “Rancang Bangun Otomatis Sistem Infus Pasien,†vol. 4, no. 4, pp. 12–22, 2015.

A. R. Ridlo et al., “( RATE CONTROL SYSTEM INTRAVENOUS INFUSION DROPLETS,†pp. 7–11.

A. Fatih and M. Ropianto, “JENIS DAN MEDIA DALAM KOMUNIKASI DATA KOMUNIKASI DATA.â€

J. Desember, E. Setyaningsih, and D. Prastiyanto, “Penggunaan Sensor Photodioda sebagai Sistem Deteksi Api pada Wahana Terbang Vertical Take-Off Landing (VTOL),†J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 2, pp. 53–59, 2017.

A. Zainuri, U. Wibawa, and E. Maulana, “Implementasi Bluetooth HC – 05 untuk Memperbarui Informasi Pada Perangkat Running Text Berbasis Android,†vol. 9, no. 2, pp. 163–167, 2015.

W. I. Rahayu, F. Hadary, and Y. Sholva, “Analisis Sistem Kebutuhan Penerangan Pada Ruang Kelas Dengan Light Emitting Diode ( LED ),†ELKHA J. Tek. Elektro Untan, vol. 10, no. 1, pp. 15–23, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-05

Issue

Section

Articles

URN