Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Desa Percontohan Bebas Narkoba Pada BNN Provinsi Sumatera Utara Menggunakan Metode Vise Kriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR)

Authors

  • sandra oktasia STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • saniman s STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • ahmad calam STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.2280

Abstract

Untuk menanggulangi peredaran narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara memiliki sebuah program yaitu Desa Percontohan Bebas Narkoba untuk mewujudkan lingkungan yang bebas dari pengaruh dan peredaran narkoba. Jika penyalahgunaan meningkat tentu saja akan meresahkan masyarakat dan juga orang tua pemakai narkoba karena pada dasarnya setiap orang tidak hanya bergaul dengan satu orang saja akan tetapi dari berbagai kalangan. Namun BNN Provinsi Sumatera Utara mengalami kendala yaitu belum adanya sistem yang dibuat dan metode yang tepat untuk menentukan Desa Percontohan Bebas Narkoba. Dalam menentukan desa percontohan bebas narkoba terdapat berbagai kriteria penilaian yang digunakan dan juga terdapat banyak alternatif desa yang dinilai sehingga menyulitkan pihak BNN Provinsi Sumatera Utara dalam melakukan pengambilan keputusan secara cepat. Hal ini tentunya menjadi permasalahan yang harus segera diatasi oleh BNN Provinsi Sumatera Utara. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems). Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang mengevaluasi beberapa pilihan yang berbeda dan membantu lembaga BNN Provinsi Sumatera Utara dalam memberikan keputusan terhadap masalah pemilihan desa percontohan bebas narkoba. Hasil yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan ini yaitu berupa laporan hasil keputusan yang dapat membantu BNN Provinsi Sumatera Utara dalam menentukan desa percontohan bebas narkoba. Sehingga dengan adanya sistem pendukung keputusan ini dapat mendukung/memperkuat keputusan yang akan diambil oleh BNN Provinsi Sumatera Utara.

References

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Uin "Smh, "Serang, and Abd Aziz Hasibuan, "Narkoba dan Penanggulangannya," vol. 11, no. 1, 2017.

Tuti Andriani, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode Electre (Studi Kasus : Swalayan Maju Bersama), vol. 1, no. 2, 2019.

Yogi Primadasa et al., "Primadasa, Penerapan metode vikor dalam seleksi penerimaan bonus pada salesman indihome Penerapan Metode Vikor dalam Seleksi Penerimaan Bonus Pada Salesman Indihome", vol. 10, no. 1, Mei. 2019.

Royan Krisnanda Tiony, Niken Hendrakusma Wardani, and Tri Afirianto, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Promo Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process-Simple Additive Weighting (AHP-SAW) (Studi Kasus : Geprek Kak Rose)," 2019.

Erna Ningsih, Dedih, and Supriadi, "Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Peluang Usaha Makanan Yang Tepat Menggunakan Weighted Produck (WP) Berbasis WEB", vol. 9, no. 3, Des. 2017.

Iper Riyansuni and Joni Devitra, ""Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dengan Simple Additive Weighting (SAW) Pada Dinas Sosial Kota Jambi"," 2020.

Arief Budiman, Yuyun Dwi Lestari, Yessi Fitri, and Annisah Lubis, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pergururan Tinggi Terbaik Dengan Menggunkan Metode SAW (Simple Additive Weighting)," vol. 4, no. 1, Apr. 2020.

Salvius Paulus Lengkong, Adhistya Erna Permanasari, and Silmi Fauziati, "Implementasi Metode VIKOR untuk Seleksi Penerima Beasiswa," 2017.

Downloads

Additional Files

Published

2018-07-26

Issue

Section

Articles

URN