Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Buah Durian Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Imam Yafi STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.2275

Abstract

Buah durian merupakan buah yang tidak asing bagi kita. Buah durian memiliki nilai ekonomi yang tinggi di Indonesia dengan kisaran pasar yang luas dan beragam. Buah durian memiliki bentuk yang beraneka macam duri dan warna yang berbeda-beda. Dan memiliki bagian-bagian yang tidak sama dengan yang lain nya. Dengan kenikmatan rasa yang enak dan penggemar yang banyak. Maka buah durian dijuluki sebagai raja segala buah (King Of The Fruit). Sementara ini sebagian dari produksi dan mutu buah di Indonesia saat ini masih rendah, dikarenakan para petani dalam pemeliharaan tanamannya dari serangga dan hama. Selama ini proses pendeteksi penyakit secara manual. Hal ini sangat bergantung pada pengamat penyakit tanaman yang terbatas. Mendeteksi serangga dan hama secara dini juga berperan dalam meningkatkan kualitas pada pohon dan buah durian menjadi lebih baik.  Di era kemajuan teknologi saat ini, mendeteksi  ada nya penyakit pada pohon durian ini dapat menggunakan bantuan aplikasi computer Sistem Pakar. Pemanfaatan dari aplikasi system pakar ini, proses deteksi akan jadi lebih mudah dan cepat. Aplikasi Sistem Pakar ini dibuat dengan aplikasi Visual Basic (VB). Metode system yang digunakan dalam diagnose ini adalah Dempster Shafer proses perhitungan yang kompleks dan menjadi lebih simple. Hasil akhir  dari penelitian ini  adalah system pakar mendiagnosa penyakit pada tanaman buah durian dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah diagnosis penyakit pada pohon durian, karena dapat memberikan hasil diagnosis dari setiap jenis penyakit, serta dapat memberikan solusi  dari diagnosis yang ada

References

Y. Y. P. Rumapea and M. Yohanna, “Sistem Pakar Jenis Ulos di Acara Adat Batak Toba Menggunakan Metode Forward Chaining,†vol. 4, pp. 453–464, 2018.

A. M. Sinaga, R. J. Sipahutar, and D. I. P. Hutasoit, “Penerapan Ontology Web Language pada Domain Ulos Batak Toba,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 4, p. 493, 2018.

S. N. Sains, F. T. Industri, P. Teknik, and M. Industri, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pengembangan Usaha Mikro Pedesaan Menerapakan Metode MOORA,†pp. 591–596, 2018.

J. Afriany, L. R. B. Sinurat, I. Julianty, and E. L. Nainggolan, “Penerapan MOORA Untuk Mendukung Efektifitas Keputusan Manajemen Dalam Penentuan Lokasi SPBU,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 161–166, 2018.

D. I. Indonesia, P. Siswa, K. Xi, I. P. S. Sma, and N. Semarang, “Jurusan sejarah fakultas ilmu sosial universitas negeri semarang 2013 PERKEMBANGAN INDUSTRI TENUN ULOS,†pp. 1–16, 2013

L. Yulianti, H. L. Sari, and H. Hayadi, “Sistem Pendukung Keputusan Peserta KB Teladan Di BKKBN Bengkulu Menggunakan Pemrograman Visual Basic 6.0,†Media Infotama, vol. 8, no. 2, pp. 36–54, 2012.

M. IGKG Puritan Wijaya ADH, S.kom., MANAJEMEN MODEL PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN. 2019.

S. N. Sains, F. T. Industri, P. Teknik, and M. Industri, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pengembangan Usaha Mikro Pedesaan Menerapakan Metode MOORA,†pp. 591–596, 2018.

K. N. A. Nur, S. R. Andani, and P. Poningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Operator Seluler Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (Moora),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 61–65, 2018.

Downloads

Published

2021-12-30

URN