Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Perijinan Lingkungan Untuk Perusahaan Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Langkat Menggunakan Metode Vise Kriterijumska Optimijacija I Kompromisno Resenje (VIKOR)

Authors

  • mustar purba STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Jaka Prayudha Prayudha STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Puji Sari Ramadhan Ramadhan STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.2269

Abstract

Saat ini pembangunan di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara semakin berkembang dengan pesat. Dengan banyak usaha atau kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan hidup, sehingga perlu adanya perhatian khusus dan terhadap efek yang mungkin saja terjadi pada lingkungan. Permasalahan yang sering terjadi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Langkat yaitu pihak instansi kesulitan dalam memproses perijinan dengan cepat yang diakibatkan oleh banyaknya data yang mau diproses dan banyaknya kriteria penilaian yang digunakan. Dan juga pihak instansi belum memiliki metode pemecahan masalah yang tepat untuk itu sehingga proses penerbitan ijin lingkungan masih menggunakan cara serderhana/konvensional yang tentunya hal ini memperlambat kinerja instansi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Langkat.Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems). Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang mengevaluasi beberapa pilihan yang berbeda dan membantu perusahaan dalam memberikan keputusan terhadap masalah kelayakan pemberian perijinan lingkungan untuk perusahaan.Penelitian ini menerapkan metode Vikor yang merupakan salah satu yang dapat menyelesaikan permasalahan multikriteria. Manfaat dari penelitian ini yakni memberikan penilaian alternatif yang lebih efektif dan efisien guna mempermudah pengambilan keputusan. Input yang diminta dari pengguna adalah kriteria-kriteria penilaian dan hasil yang diberikan sistem adalah rekomendasi kelayakan perijinan lingkungan berdasarkan prioritas yang paling tinggi.

References

Risno Mina, "Pelaksanaan Izin Lingkungan Di Kabupaten Banggai Sebagai Upaya Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup," Bina Hukum Lingkungan, vol. 1, no. 2, pp. 207-218, Apr. 2017.

Fajar Israwan, "Penerapan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio (Moora) Dalam Penentuan Asisten Laboratorium," Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 5, no. 1, 2019.

Mesran, Kurnia Ulfa, Dito Putro Utomo, and Ida Rizky Nasution, "Penerapan Metode Vlse Kriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR) dalam Pemilihan Air Conditioner Terbaik," vol. 4, no. 1, Apr. 2020.

Amelia Budi Ramadhanti, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Balikpapan Menggunakan Analisis Hirarki Proses," vol. 2, no. 2, Okt. 2019.

Sofian Wira Hadi, Achmad Baroqah Pohan, Sistem Informasi, and Stmik Nusa Mandiri, "Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan PT. Injep Inti Cemerlang Dengan Metode AHP dan TOPSIS," ULTIMA Computing, vol. XI, no. 2, p. 55, 2019.

Ichsan Fahmi, Fitra Kurnia, and Godlief ES Mige, "Perancangan Sistem Promosi Jabatan Menggunakan Kombinasi Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dan Profile Matching (PM)," Jurnal SPEKTRO, vol. 2, no. 1, 2019.

Salvius Paulus Lengkong, Adhistya Erna Permanasari, and Silmi Fauziati, "Implementasi Metode VIKOR untuk Seleksi Penerima Beasiswa," 2017.

Gede Suwardika, and I Ketut Suniantara, “Penerapan Metode VIKOR Pada Pengambilan Keputusan Seleksi Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Terbuka,†vol. 2, no. 1, Feb. 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-27

URN